Monday, May 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Youtube Sudah jadi Duniaku

Ria Ricis menjadi satu-satunya Youtuber wanita yang mendapat penghargaan Diamond Award tahuin ini. Wow!

Seperti halnya Atta Halilintar, RIa Ricis juga menjadi Youtuber yang paling polpuler saat ini. Jika Atta memiliki 11 juta subscriber, Ricis justru menduduki peringkat kedua dengan lebih dari 10 juta subscriber. Apa yang membuat konten Youtube adik Oki Setiana ini sangat digemari? “70 persen penonton Youtube Indonesia butuh konten yang ringan, sesuatu yang menghibur. Jadi mereka ketawa. Related  sama kehidupan sehari-hari. Jadi mereka nggak perlu mikir,” ujar Ricis.

Seperti halnya Youtuber lainnya, perjuangan Ricis untuk punya banyak penggemar tidaklah mudah. Apalagi dengan konten yang menjadi favorit mereka. “Wah, mungkin yang orang-orang lihat sukanya doing kali ya. Tapi dibalik itu kan nggak tidur. Bahkan sakit segala,” beber Ricis. Gara-gara menjadi Youtuber pula, Ricis mengaku hamper tidak punya waktu libur. “Nah itu dia. Jadi memang liburannya kita tunggu sponsor. Jadi sekalian liburan, sekalian kerja,” kata Ricis sambil tersenyum.

Meski merasa sedih karena tak dapat berkumpul dengan keluarga besarnya, Ricis tetap bersyukur karena bisa bekerja. “lebih ke, oke gue berjuang hari ini mumpung ada tenaga, kesehatan, waktu, kita sempetin di hari sekarang. Selagi bisa sekarang, nggak boleh ditunda-tunda,” tegas Ricis. Menjadi Youtuber memang bukan satu-satunya profesi Ricis. Sebelumnya, Ricis adalah seorang selebgram. “Saya ke Youtube tahun 2015. Sama teman-teman. Karena saya nggak pede. Teman yang jalanin. Akhirnya saya sadar kita bisa menjadi diri sendiri, mengatur sendiri. Sekarang Youtube jadi dunia aku sendiri,” ucap Ricis.

Biasa Dicibir

Pada akhirnya Ricis memang berhasil membuktikan jika pilihannya adalah tepat. “Manusia nggak pernah ada puasnya. Tapi gimana caranya, apapun yang didapatkan, kita harus tetap bersyukur. Nggak pernah menyerah, terus berusaha kerja keras, dan tim tersolid terkece sepanjang masa,” katanya sambil tertawa.

Perjuangan Ricis memang tak didapatkan dengan mudah. Tak sedikit warganet yang berusaha menjatuhkannya. Bahkan beberapa netizen menyebut jika ada permainan uang dalam jumlah pengikut Ricis. “Justru aku bingung loh. Memang bisa dibeli? Dengan gimana caranya? Kalau follower aku memang tahu karena di Instagram aku banyak yang komen yang jualan follower,” ujar Ricis.

Walau begitu Ricis tak ingin terlalu memikirkannya. Justru sebaliknya, semua dijawabnya dengan sebuah karya. “Sebenarnya ada juga sih yang nyinyirin konten. Ini yang kadang membuat aku nggak pede. Tapi, yang namanya tujuan ya harus dikejar. Justru komentar yang seperti itu membuat aku lebih memperbaiki diri, ujarnya.