Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Yang Dirusak Dan Dibakar Oleh Mahasiswa Di Demo DPR Kemarin

Yang Dirusak Dan Dibakar Oleh Mahasiswa Di Demo DPR Kemarin

Pos polisi di samping Pintu 11 Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dibakar massa. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 19.20 WIB. Awalnya pos polisi itu dilempari pakai batu. Pantauan kumparan di lokasi, Selasa (24/9), tidak ada polisi yang berjaga. Mahasiswa masih mengelilingi lokasi sambil berteriak,”DPR bego, DPR bego, DPR bego.”

Water canon polisi kini sudah mengarah ke pos polisi yang dibakar. Petugas masih berupaya memadamkan api. Sementara itu di sisi lain, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Harry Kurniawan telah meminta mahasiswa yang masih di Tol Dalam Kota untuk keluar.  “Ayo semua keluar, kami mau sterilisasi,” imbaunya.

Pos pengamanan dan pagar di belakang DPR rusak akibat dilempari batu oleh masa pendemo. Pos rusak lantaran pendemo memaksa masuk ke dalam kompleks parlemen. Pantuan di lokasi, Selasa (24/9), kaca pos pengamanan terlihat sudah tak berbentuk. Kondisi pos terlihat berantakan karena pecahan kaca yang ada.

Aksi anarkistis itu berawal saat pendemo meminta polisi mengizinkan mereka untuk masuk dari belakang, setelah mereka dibubarkan di depan gerbang DPR. ‘Buka, buka, buka pintunya, buka pintunya sekarang juga.’ Begitu kata pendemo sambil menggoyangkan pagar DPR.

Karena tak kunjung dibuka, sejumlah bongkahan baru terlihat dilempar ke dalam DPR. Bunyi pecahan kaca terdengar keras dan pendemo semakin beringas. Mereka terus menggoyang pagar DPR hingga jebol. Pihak kepolisian langsung bersiaga mengamankan agar pendemo tak memasuki DPR.

Gas air mata terus dilemparkan oleh polisi. Selain itu, polisi berusaha memukul mundur pendemo dengan water cannon. Awalnya, pendemo terlihat sempat bertahan meskipun diserang gas air mata bertubi-tubi. Namun, saat ini mereka terlihat mundur dan mulai pergi dari Jalan Gelora, belakang kompleks parlemen.

Kericuhan antara massa demonstran dengan aparat kepolisian masih terjadi. Akibatnya gerbang Tol Pejompongan dibakar massa saat terjadi bentrokan, sekitar pukul 20.15 WIB, Selasa (24/9). Dari pantauan kumparan, Gerbang Tol Pejompongan arah Semanggi dibakar, selain itu coretan dan vandalisme di sekitar loket pembayaran tol pun semakin marak. Saat ini aparat kepolisian masih terlibat bentrokan dengan massa demonstran yang sejak tadi siang berada di depan Gedung DPR.