Tuesday, March 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Yang Baru Dan Unik Dari Kota Surabaya Ala Negeri Sakura

Yang Baru Dan Unik Dari Kota Surabaya Ala Negeri Sakura

Kota Surabaya kini nampak semakin indah dengan adanya deretan pohon Tabebuya yang tersebar di sejumlah ruas jalanan protokol. Guguran daun pohon Tabebuya yang berwarna-warni tersebut membuat Kota Pahlawan ini nampak mirip seperti jalanan Tokyo, Jepang. Bahkan tak jarang, masyarakat setempat pun menjadikan pohon cantik itu sebagai latar untuk berswafoto.

Menurut Kepala Plt Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya, Eri Cahyadi, sudah ada 3.000 pohon Tabebuya yang ditanam. Seluruh bibitnya berasal dari Malang dan Kediri, namun dibudidayakan di Kebon Bibit Surabaya. Belakangan ini media sosial tengah viral terkait foto jalanan di kota Surabaya ‘rasa Jepang’. Pasalnya, pada beberapa foto yang tersebar memperlihatkan hamparan bunga yang gugur dan juga menghiasi jalanan kota.

Ya, ternyata bunga ciamik yang sedap dipandang mata ini bernama Tabebuya. Bunga ini sudah ditanam sekitar 10 tahun yang lalu oleh sang walikota, Tri Rismaharini. “Sebenaranya yang pertama menanam adalah Ibu Risma saat beliau menjabat di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, sekitar tahun 2006,” terang Muhammad Fikser, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya saat dihubungi oleh kumparanTRAVEL, hari Rabu (28/11).

Fikser melanjutkan, bila bibit bunga tersebut dibeli dari Malang dan Kediri. Bunga Tabebuya sendiri punya beragam warna indah yaitu kuning, putih, ungu dan merah muda. “Bunga Tabebuya ini selalu kita lakukan peremajaan jadi untuk yang sudah mulai tua, akan kita tanam lagi dengan yang lebih muda,” ucapnya. Tabebuya sendiri ditanaman di seluruh akses yang ada di Surabaya. Tabebuya diketahui memiliki bunga yang bergerombol dan juga akan gugur di musim hujan.

Di saat waktu gugur inilah pemandangan semakin apik karena hingga daunnya pun ikut gugur. Alhasil banyak yang membandingkannya dengan suasanya saat Sakura di Jepang atau Seoul, Korea Selatan. Rupanya, Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Bu Risma mengetahui jika hasil kerjanya viral di sosial media.

“Walau beliau sekarang sedang berada di Korea Utara, beliau tahu (kalau bunga Tabebuya di Surabaya ini sedang viral). Ya memang, orang Surabaya senang melihat yang bagus dan juga indah,” tambah Fikser. Dan tak hanya viral di dunia maya, bunga Tabebuya pun kerap diburu untuk ‘diajak’ foto bersama.  Selain menghiasi jalanan Kota Pahlawan, pesona Tabebuya juga bisa dinikmati di Taman Harmoni. Taman dengan luas sekitar 50 hektare ini juga dipenuhi oleh bunga Tabebuya yang tak kalah indah.

Lebih lanjut pula, tujuan bunga ini ditaman tentu saja untuk menghijaukan kota. Sebab, Tabebuya bisa hidup dengan subur dengan iklim seperti yang ada di Indonesia. “Tabebuya ditanaman untuk menghijaukan kota karena cocok di cuaca panas yang sekaligus dapat menurunkan temperatur udara dan memberikan kesejukan udara,”

Fikser mengatakan waktu terbaik untuk menikmati keindahan bunga Tabebuya adalah di bulan April dan November. “Bulan November dan Oktober itu satu pohon bisa penuh dengan bunga yang dapat bertahan lebih dari seminggu untuk dinikmati. Namun, setelah itu mereka akan gugur,” pungkasnya.

Related Post

Ayah Meghan Markle Buat Pernyataan Mengejutkan Ten... Ayah Meghan Markle kembali berulang, jika sebelumnya sempat mengeluarkan statement di hadapan media tentang putrinya jelang Royal Wedding Pangeran Har...
Setnov Tidak Berbicara Persidangan telah usai untuk perkara yang dialami oleh Setnov, persidangan itu selesai pada Rabu (3/1/18) pukul 17:04 WIB tadi sore. Setnov bergitu...
LPI Anugerahkan Gelar Ini Kepada Ratna Sarumpaet Nampaknya berita-berita mengenai Ratna Sarumpaet tidak berhenti mengisi layar kaca dan sosial media sampai saat ini. Berita dari penganiayaan samp...
Apakah Orang Eskimo Juga Butuh Kulkas Di Kutub San... Siapa sangka jika ternyata suku Eskimo di Kutub Utara juga memiliki kulkas di rumahnya. Padahal, di Kutub Utara sudah dingin. Kenapa mereka masih ...