Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Wow, Negara Arab Ini Gelar Turnamen Game PUBG Mobile

Wow, Negara Arab Ini Gelar Turnamen Game PUBG Mobile

Jika di Aceh itu PUBG Mobile sudah dinyatakan haram. Maka game besutan Tencent ini justru dibuatkan turnamen besar di Arab Saudi. Beberapa hari ini kita telah dihebohkan dengan pernyataan fatwa haram untuk salah satu game yang sedang booming belakangan ini. Yaitu PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dinyatakan haram oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Tapi dibalik kisruh tersebut, di Arab Saudi justru telah menggelar turnamen PUBG Mobile yang diadakan di Festival Jeddah Season.

Rangkaian festival hiburan yang rutin digelar di Arab Saudi kini telah tiba di kota Jeddah. Dari deretan acara tersebut, ternyata ada turnamen eSports yang digelar di King Abdullah Sports City dan salah satu game yang dipertandingkan adalah PUBG Mobile.

General Sports Authority (GSA) alias Otoritas Olahraga Arab Saudi menjadi pihak yang menyelenggarakan turnamen tersebut lewat Federasi eSports Arab Saudi. Turnamen PUBG Mobile ini telah digelar pada 15-21 Juni seiring berjalannya festival hiburan Jeddah Season.

Penyelenggara sengaja merancang turnamen PUBG Mobile tersebut sesuai standar internasional untuk memberikan tantangan kepada para pesertanya, seperti dilaporkan Saudi Gazette. Bukan hanya laki-laki, perempuan juga bisa berpartisipasi dalam turnamen ini. Total, ada 50 anak muda Arab Saudi yang mengikuti turnamen ini. Salah satunya, Ahad Uz Zaman, yang keluar sebagai pemenang di antara 50 orang yang berpartisipasi.

“Saya masih seorang pelajar dan saya banyak menghabiskan waktu untuk bermain PUBG. Ibu saya sering mempertanyakan kenapa saya sering memainkan game ini, jadi saya senang bisa menunjukkan kemampuan saya di PUBG dan membuatnya senang,” ujar Ahad, kepada Arab News.

Seorang YouTuber yang tinggal di Jeddah, Salman Imdad Kalyanvi, mengunggah video yang menunjukkan partisipasinya di turnamen PUBG Mobile tersebut. Kepada Arab News, ia mengaku ini merupakan pertama kalinya ia mengikuti festival Jeddah Season.

“Saya bisa katakan jika ada perubahan besar di Jeddah Season jika dibandingkan yang sebelumnya. Saya sangat senang untuk mengikuti acara yang lain dan bersenang-senang musim ini,” ujar Salman. Selain PUBG Mobile, turnamen eSports itu juga mempertandingkan sejumlah game kompetitif lain. Game-game itu antara lain Tekken, Super Smash Bros, hingga game sepak bola FIFA.