Monday, September 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Wow, Bayar Pengamen Sekarang Bisa Pakai Go-Pay

Wow, Bayar Pengamen Sekarang Bisa Pakai Go-Pay

Go-Pay, layanan uang elektronik milik GOJEK, bekerja sama dengan Institut Musik Jalanan (IMJ) untuk memperluas fungsinya dalam pembayaran digital. Kemitraan ini membuat pengguna Go-Pay kini bisa mengapresiasi musisi jalanan dengan memberikan sumbangan lewat fitur QR Code.

Menurut CEO Go-Pay Aldi Haryopratomo, kerja sama ini dilakukan agar para musisi jalanan juga turut memanfaatkan teknologi pembayaran digital. Pengguna Go-Pay juga jadi lebih mudah menyumbang kepada pengamen dan membantu meningkatkan finansial mereka.

“Sebagai perusahaan teknologi finansial Tanah Air, kami pun memiliki misi untuk membangun perekonomian Indonesia dari piramida paling bawah dan memberdayakan sektor informal melalui akses terhadap layanan keuangan. Dan ini termasuk untuk para musisi jalanan, ” tutur Aldi dalam pernyataan resmi, hari Kamis (20/6).

Pendiri IMJ, Andi Malewa, juga mengungkap rasa gembiranya atas kemitraannya dengan Go-Pay. Ia berharap teknologi ini bisa memberikan dampak finansial kepada musisi di bawah binaan mereka. “Melalui kolaborasi ini maka kami berharap musisi jalanan bisa mendapatkan edukasi keuangan digital serta mendapat akses lebih luas. Misalnya ke ruang untuk berkarya dengan memanfaatkan ekosistem GOJEK,” ungkap Andi.

Sejalan dengan misi itu, sekolah musik yang berdiri pada 2014 itu juga membuka kesempatan bagi pengamen lain yang ingin bergabung dan menggunakan pembayaran lewat Go-Pay. Mereka harus melalui serangkaian proses terlebih dahulu.

Pengamen harus sudah terdaftar sebagai anggota IMJ. Jika belum, mereka harus terlebih dahulu mengikuti serangkaian program dan tes dibawah bimbingan dua dosen tetap IMJ yang merupakan musisi ternama, yakni Ridho Hafiedz dan Glenn Fredly. Tes itu meliputi tes kesehatan (anti narkoba) dan berkelakuan baik.

Cara bayar musisi jalanan via Go-Pay

Kini, fitur pembayaran pengamen lewat QR Code sudah diuji coba kepada 80 pengamen baik individu maupun grup di bawah naungan IMJ di Jakarta. Lalu bagaimana cara bayar pengamen lewat QR Code? Caranya cukup mudah. Pengguna Go-Pay hanya perlu melakukan scan alias pemindaian QR Code yang terpasang di alat musik pengamen. Nominalnya pun bisa berapa saja.

Tak hanya menggunakan layanan Go-Pay, para musisi jalanan IMJ juga akan diberikan ruang berekspresi di panggung yang terdapat di area-area Go-Food Festival dan merchant pilihan Go-Pay. Tentu saja, selain untuk unjuk bakal panggung, hal itu juga akan meningkatkan pemasukan para musisi jalanan.