Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Waspadalah, Ini Lima Penyakit Yang Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak

Waspadalah, Ini Lima Penyakit Yang Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak

Orangtua sebaiknya tidak mengabaikan penyakit pada anak. Selain membahayakan, beberapa jenis penyakit yang terjadi pada si kecil ternyata juga dapat memengaruhi tingkat kecerdasan anak. Biar ibu enggak menyesal, coba cek lima jenis penyakit yang sebaiknya tidak diabaikan jika terjadi pada anak. Apa saja mari kita bahas satu persatu ya.

  1. Demam Tinggi

Meningkatnya suhu tubuh secara drastis dapat mengganggu fungsi otak anak. Karenanya, sebaiknya tidak abai saat si kecil mengalami demam lebih dari 40C. Pasalnya jika demam tinggi tak diatasi dengan baik dapat mengakibatkan otak mengalami kerusakan.

  1. Kejang

Demam tinggi bisa berujung menjadi kejang alias step. Kejang menyebabkan pasokan oksigen ke otak berkurang. Kurangnya pasokan oksigen pada otak juga dapat memengaruhi daya pikir dan kemampuan intelektual anak.

  1. Stunning

Stunning merupakan masalah kurang gizi yang terjadi pada anak. Kondisi ini terjadi karena kurangnya asupan gizi tertentu. Saat anak kurang gizi, proses belajar dan kemampuan otak ikut terganggu. Tidak menerima zat gizi yang dibutuhkan membuat tubuh tidak berfungsi maksimal, termasuk otak.

  1. Amandel

Amandel yang bengkak menyebabkan anak menjadi sulit menelan dan malas makan. Hal ini berpotensi menyebabkan tubuh tidak mendapat asupan yang baik sehingga fungsi otak akan ikut menurun.

  1. Tifus

Tifus ternyata juga masuk dalam penyakit yang bisa menurunkan kecerdasan anak. Sebab bakteri penyebab tifus itu mungkin “menyeberang” ke bagian lain dalam tubuh termasuk otak. Terdapat beberapa penyakit yang dapat memengaruhi tumbuh kembang anak – dan secara langsung maupun tak langsung bisa berakibat negatif kepada kecerdasan otak mereka.

Penyakit-penyakit tersebut di antaranya penyakit bawaan seperti sindrom Down, cerebral palsy, dan mikrosefali. Infeksi otak seperti meningitis dan juga ensefalitis juga dapat menimbulkan kerusakan otak. Selain itu, penyakit yang sepertinya “kurang berbahaya” dan tidak berhubungan langsung seperti alergi pun dapat memengaruhi kecerdasan anak.

Oleh karena itu, penanganan dan pengobatan alergi yang tepat sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. Mengenali dan menghindari pencetus alergi sejak dini adalah hal yang penting untuk dilakukan, selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter.