Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Warisan Dunia, Mengapa Kota Tua Selalu Mengalami Kesulitan Bersaing ?

Warisan dunia merupakan situs atau tempat yang termasuk dalam peninggalan sejarah, hal ini dinobatkan oleh UNESCO. Namun sayang, Kota Tua Jakarta dinilai gagal masuk sebagai tempat bersejarah dunia. Hal ini sudah resmi dinyatakan oleh ICOMOS dimana menilai jika Kota Tua dan beberapa daerah pendukung di kepulauan Seribu tidak memenuhi persyarat untuk jadi World Heritage Place.

ICOMOS merupakan lembaga profesional yang ditunjuk oleh UNESCO agar memberikan penilaian apakah suatu tempat layak dinilai sebagai peninggalan sejarah dan budaya. Dimana harus memiliki beberapa syarat dan kriteria khusus, bahkan jika ada nilai universal bisa menjadi sebuah nilai tambah, namun sayang Kota Tua tidak bisa memenuhi kriteria.

Memang ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dan menjadi standar ICOSMOS, mulai dari apakah ada keunikan dari faktor luar dari satu daerah tersebut. Kota Tua memang punya yaitu saat ditempati Kolonial Belanda, bahkan ada percampuran bangunan dengan budaya Indonesia. Namun beberapa bagian sudah tidak terawat, sehingga tidak masuk dalam kriteria.

Selain itu, Kota Tua tidak memiliki kriteria sebagai bangunan yang menjadi saksi sejarah. Memang awalnya sebagai pusat perdagangan, namun masih kalah jika dibandingkan kota tua yang ada di negara lain dan masih berada di Asia Tenggara.

Baca juga : Objek Wisata Dunia Dengan Durasi Antrean Masuk Terpanjang

Hal lain yang memberatkan, Kota Tua tidak adanya bukti pertukaran nilai kemanusiaan. Baik secara langsung, fisik maupun bangunan arsitektur. Selain itu, belum tertata dengan rapi soal pembangunan kota, ini yang membuat nilainya kembali jatuh.

Memang kini dijadikan tempat wisata, namun tidak adanya keunikan lain dalam budaya setempat. Bahkan tidak bisa menjadi bukti budaya atau adanya peradaban yang telah hilang sekarang ini. Adanya beberapa bangunan tua tidak membantu, pasalnya ini tidak memiliki nilai arsitektur di suatu masa hingga kini.

Hal yang membuat Kota Tua tidak bisa masuk dalam warisan dunia, pasalnya tempat ini terancam bahaya. Mulai dari risiko terkena banjir dari rob, tidak memiliki tata kota yang baik dan tidak bisa masuk dalam kawasan bersejarah. Pemerintah Kota dan pusat juga tidak memberikan perhatian lebih, pasalnya memang situs budaya dalam bentuk bangunan perlu perawatan dan ini tidak membutuhkan dana yang sedikit.

Maka dari itu, saat Kota Tua di ajukan sebagai warisan dunia pada UNESCO, tidak bisa lolos dari standar yang ditentukan sebelumnya. Bahkan ICOMOS awalnya antusias dan optimis ini bisa lolos dari kriteria yang sudah ada, pasalnya ini merupakan bangunan peninggalan sejarah di abad 19 hingga 20. Jika memang ingin masuk dan dikenal dunia, harus adanya pemeliharaan dan penjagaan aset berharga, dimana ini membutuhkan perhatian dan dana segar dari pemerintah.

Related Post

Kebaikan Berbuka Puasa Dengan Makanan dan Minuman ... Menjelang waktu berbuka puasa, sudah pasti tersedia takjil atau makanan kecil untuk berbuka puasa. Banyak yang menyarankan untuk berbuka dengan maka...
Instagramxiety : Penyakit Kebanyakan Main Instagra... Media sosial memang tempat paling menyenangkan untuk bersosialisasi modern ini, bahkan banyak anak muda bisa berkerasi dan membuka lapangan kerja se...
Organ Vital Pesepakbola Liga Brasil Dimutilasi Kar... Wajah pesepak bola klub Liga Brasil Sao Paulo, Daniel Correa, tertangkap kamera di atas ranjang bersama seorang perempuan. Itulah foto terakhir Dani...
Pendapat Pakar Otomotif Terhadap Investasi Esemka Pakar Otomotif yang sangat populer di Youtube, Ridwan Hanif mengatakan bahwa Indonesia tidak perlu minder jika memang tidak mampu memiliki mobil nas...

One Comment

Comments are closed.