Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Wanita Harus Tahu! Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Risiko Menopause Dini

Wanita Harus Tahu! Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Risiko Menopause Dini

Wanita berusia di atas 50 tahun, maka harus waspada dengan risiko menopause dini, apakah ini menopause? Ini adalah kondisi dimana banyak hormon akan berkurang bahkan berhenti berproduksi, akan sangat berpengaruh pada bagian kewanitaan sehingga menyebabkan terserang penyakit mematikan seperti kanker.

Kita memang tidak bisa melawan usia, namun tetap bisa menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan tidak mudah sakit. Inilah hal yang membuat banyak wanita kini bisa hidup lebih panjang, gaya hidup sehat sudah pasti bisa membuat Anda terhindar dari penyakit.

Bahkan kini banyak wanita mengalami menopause dini, mulai dari usia 20 hingga 30 tahun, padahal ini adalah waktu reproduksi aktif. Bagaimana bisa terjadi menopause dini, karena banyak melakukan kegiatan bahkan menjadi kebiasaan buruk sehingga bisa memicu terjadinya menopause dini lebih cepat dari perkiraan normal.

5 Kebiasaan yang Bisa menyebabkan Menopause Dini

1. Merokok

Tidak ada keuntungan apapun dari kegiatan merokok, bahkan Anda bisa membuat orang lain di sekitar, perokok pasif, mengalami gangguan atau kerugian lebih banyak. Banyak penelitian menyebutkan, wanita yang merokok selain bisa terjangkit penyakit seperti gagal jantung, maka bisa menyebabkan menopause dini.

Baca juga: Tips Bercinta РPanduan Tepat Cara Mandi Setelah Bercinta

Bahkan ini terjadi empat hingga lima tahun lebih cepat dari wanita normal lainnya, dimana bahan pengawet pada rokok akan membuat kerusakan pada sel telur. Parahnya ini jika terjadi terus menerus, tidak bisa diganti. Kerusakan pada sel telur maka akan menyebabkan keluruhan dan kemungkinan tidak bisa hamil.

2. Konsumsi Minuman Alkohol

Mabuk-mabukkan, selain akan merugikan diri sendiri namun bisa membuat orang lain celaka. Sudah tidak terhitung lagi jumlah kecelakaan terjadi akibat pengendara dalam kondisi mabuk, bagi wanita yang suka konsumsi minuman beralkohol. Maka bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur, menstruasi berhenti sebelum waktunya dan menopause dini.

3. Penggunaan kosmetik berbahaya

Tampil cantik membuat wanita memakai lebih banyak makeup, tanpa tahu ada kandungan berbahaya di dalamnya. Memang awalnya tidak akan terasa, namun setelah memasuki usia 40 tahun, kulit tidak bisa lagi menahan kandungan beracun yang ada pada kosmetik.

Ada baiknya menghindari kosmetik dengan kandungan Fragrance (sejenis wangi- wangian sintesis yang ada pada parfum atau sabun mandi), Oxybenzone (hairspray) dan Phthalates yang biasanya pada kosmetik kecantikan wajah.

4. Olahraga Berlebihan

Menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh dengan berolahraga memang sangat disarankan, namun tidak dengan berlebihan. Ini akan membuat kandungan kadar kordisol terganggu, padahal inilah yang mengatur perkembangan hormon.

Maka dari itu, olahragawan disarankan tidak lagi berkecimpung dalam bidang olahraga memasuki usia 40 tahun. Untuk wanita lebih fatal lagi, karena bisa menyebabkan menopause lebih cepat, karena hormon tidak berproduksi secara stabil.

5. Stres Berkepanjangan

Hal ini memang tidak memberikan efek apapun, wajar memang menyesal dengan tindakan yang dilakukan karena berakibat buruk. Namun tidak boleh stres terlalu berlarut-larut, selain akan memperburuk kondisi tubuh, produksi hormon jadi tidak stabil.

Ini akan memicu gangguan tiroid, dimana Anda lebih suka sendirian dan berbicara kasar pada orang lain. Jangan membuat diri Anda semakin terpuruk, ada baiknya berbicara dengan orang lain, memang tidak akan menyelesaikan masalah namun membuat beban menjadi lebih ringan karena sudah berbagi dengan orang lain.

Kebanyakan wanita sekarang mengalami menopause dini akibat penggunaan kosmetik berlebih dan faktor stres. Sebaiknya jika memiliki masalah segera di selesaikan, jangan di tumpuk sehingga Anda akan sakit sendiri.

Related Post

Rahasia Cepat Langsing Setelah Melahirkan Ala Khlo... Wanita selalu mengalami ketakutan tersendiri setelah melahirkan yaitu, sulit mengembalikan bentuk tubuh dan menurunkan berat badan. Normal jika wanita...
Rahasia Merawat Wajah Dan Tubuh Tetap Langsing Dar... Sudah jelas, setiap wanita ingin tampil cantik setiap harinya. Maka dari itu, rajin melakukan perawatan wajah hingga seluruh tubuh. Apalagi untuk arti...
Berhubungan Seks Sambil Membayangkan Orang Lain, A... Berhubungan seks memang aktivitas yang menyenangkan, ini akan semakin merekatkan hubungan rumah tangga. Dimana bercinta akan meleburkan semua masalah,...
Rekomendasi Para Ahli : Waktu Ideal Menggosok Gigi Masalah gigi memang sering timbul karena Anda tidak mengikuti anjuran menggosok gigi yang tepat dari dokter gigi, ada baiknya menggosok gigi setelah...

One Comment

Comments are closed.