Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Waktu Ideal Kembali Tidur Setelah Sahur di Bulan Ramadan

Selama bulan puasa tentu akan terganggu jam tidur, pasalnya harus bangun sebelum subuh untuk sahur. Ini memang kegiatan makan terlalu pagi, namun ini akan jadi bekal untuk menjalani puasa seharian. Puasa adalah menahan lapar, haus dan hawa nafsu.

Hal ini membuat banyak orang mengeluh lemas dan tidak bertenaga di siang hari, bahkan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Secara normal, setiap orang dewasa membutuhkan 6 hingga 9 jam waktu tidur di malam hari. Sehingga saat bangun bisa lebih segar, bugar dan siap menjalani aktivitas seperti biasa.

Bagaimana di bulan ramadan, Anda harus bangun lebih pagi untuk makan. Maka dari itu, banyak orang kembali tidur setelah sahur, padahal ini hal salah dan menyebabkan kenaikan berat badan. Jangan sampai saat lebaran, Anda mengalami kenaikan berat badan karena pola makan yang salah saat berpuasa.Idealnya Anda akan kehilangan berat badan saat berpuasa, jika bertambah maka harus meninjau kembali pola makan dan pola hidup sebelumnya.

Bagaimana dengan pola sahur setelah itu tidur kembali? Hal ini sangat buruk untuk kesehatan, bahkan bisa membuat Anda terasa sangat lelah dan tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan dokter ahli Neurologi di Turki, mengatakan waktu ideal untuk tidur kembali setelah sahur adalah 2 jam.

Baca juga : http://www.ulasandunia.com/pengen-sahur-pakai-wedang-jahe-tetap-sehat-kok-saat-puasa/

Jika tidak, maka tidur kembali setelah sahur akan membuat Anda mengalami kelelahan dan rasa enggan untuk bangun dan beraktivitas seperti biasa. Bukan hanya memengaruhi kebugaran tubuh, kebiasaan untuk tidur lagi setelah sahur juga dipengaruhi konsumsi makan dan minuman selama berpuasa.

Bahkan dikatakan, jangan terlalu sering konsumsi teh dan kopi saat sahur, ini akan membuat kecemasan meningkat, bahkan mengalami kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Sehingga lebih banyak disarankan untuk minum air putih, minimal delapan gelas setiap harinya.

Ini akan membuat tubuh menjadi lebih fit, bugar dan tidak mudah terserang penyakit ringan. Seperti baruk dan pilek, selain itu perhatikan juga pola hidup sehat setelah sahur. Apa yang bisa dilakukan, bisa dengan aktivitas beribadah. Bahkan bisa membersihkan kamar dan rumah secara keseluruhan, selain itu ada waktu untuk berolahraga atau menekuni hobi lainnya.

Bahkan ada baiknya setelah sahur tidak tidur kembali, lakukan kegiatan yang bermanfaat, bisa dengan meninjau ulang pekerjaan di kantor, sehingga nanti bisa pulang lebih awal dan menikmati buka puasa bersama keluarga.

Tidak ada kesulitan untuk menyesuaikan pola hidup sehat di bulan ramadan, bahkan dengan berpuasa akan meningkatkan kekebalan tubuh, sistem organ penting mengalami kondisi lebih baik. Selain itu, perut tidak akan kelelahan selalu mengiling makanan yang masuk ke mulut setiap harinya.

Related Post

5 Cara Menggairahkan Kehidupan Seksual Anda dengan... Apakah anda dan pasangan mengabaikan pemanasan (pre-sex play) sebelum berhubungan seksual ? Pelajari bagaimana menjadikannya sebagai rutinitas anda se...
Akibat Buruk Bermain Video Game bagi Kesehatan Permainan video game dapat membantu memperbaiki fungsi kognitif seseorang, baik anak-anak maupun orang dewasa asalkan dilakukan secara moderat. Jika...
Belajarlah Dari Indonesia Ujar Media Asal India Ulasan Dunia - Asian Games 2018 Jakarta Palembang sudah usai namun pujian terus berdatangan kepada susksesnya pagelaran ini berjalan. Dan belakang i...
Rahasia Cepat Langsing Setelah Melahirkan Ala Khlo... Wanita selalu mengalami ketakutan tersendiri setelah melahirkan yaitu, sulit mengembalikan bentuk tubuh dan menurunkan berat badan. Normal jika wanita...