Sunday, May 31Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Wajah Tanpa Senyum Jokowi Saat Datangi Kantor PLN

Wajah Tanpa Senyum Jokowi Saat Datangi Kantor PLN

Usai mati listrik massal melanda wilayah Jabodetabek, Banten, hingga sebagian wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo langsung meninjau Kantor Pusat PT PLN (Persero) pada Senin (5/8). Berdasarkan pantauan kumparan di lokasi, Jokowi tiba sekitar pukul 08.50 WIB.⁠

Jokowi pun langsung menuju ruang rapat PLTP Kamojang dan berdiskusi dengan para petinggi PLN yang hadir. Jokowi meminta jajaran pejabat PLN yang hadir untuk menjelaskan secara singkat penyebab matinya listrik yang masih berlangsung di sejumlah daerah hingga Senin pagi.⁠ “Saya tahu peristiwa seperti ini pernah terjadi di tahun 2002 di Jawa dan Bali. Mestinya itu bisa dijadikan pelajaran agar jangan sampai terjadi kembali,” pungkas Jokowi.⁠

Pasca mati listrik massal yang melanda wilayah Jabodetabek, Banten, hingga sebagian wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo langsung meninjau Kantor Pusat PT PLN (Persero) yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/8). Berdasarkan pantauan dari kumparan di lokasi, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 08.50 WIB. Dia langsung menuju ruang rapat PLTP Kamojang dan berdiskusi dengan para petinggi PLN yang hadir.

Tak ingin bertele-tele, Jokowi meminta jajaran pejabat PLN yang hadir untuk menjelaskan secara singkat penyebab matinya listrik yang berlangsung sejak Minggu (4/8) dan masih berlangsung di sejumlah daerah hingga Senin pagi. “Pagi ini saya ingin mendengar langsung. Tolong disampaikan yang simpel-simpel saja,” kata Jokowi.

Jokowi juga ingat bahwa kejadian mati listrik massal ini pernah terjadi beberapa kali pada tahun-tahun sebelumnya. Ia berharap kejadian kali ini bisa menjadi pelajaran agar ke depannya tak ada mati listrik massal lagi. “Saya tahu peristiwa seperti ini pernah terjadi sebelumnya di tahun 2002 di Jawa dan Bali. Mestinya itu dijadikan pelajaran agar jangan sampai terjadi kembali,” pungkasnya.

Turut mendampingi Jokowi ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Menkominfo Rudiantara. Hingga saat ini, acara pertemuan Jokowi dengan petinggi-petinggi PT PLN masih berlangsung.

Baginya, apa yang sudah terjadi tak hanya memberi dampak buruk bagi PLN semata. Tapi banyak pihak-pihak lain ikut dirugikan. Jokowi menyebut kerugian yang dialami MRT saat insiden mati lampu.