Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Wajah Baru Alun-Alun Kota Bandung

Wajah Baru Alun-Alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung sekarang ini telah memiliki wajah baru yang lebih memukau daripada yang sebelumnya. Setelah diperbaiki, ikon kota bertajuk Paris van Java ini nampak lebih rapi, lengkap dengan tulisan Bandung Juara. Total dana yang harus dikeluarkan untuk merenovasi Alun-alun bandung mencapai kurang lebih 1,6 miliar rupiah. Kini alun-alun Bandung menjadi lebih artistik dan dilengkapi oleh fasilitas olahraga.

Setelah sebelumnya sempat ditutup selama dalam masa renovasi, kini setelah selesai direvitalisasi, masyarakat sudah bisa mengunjungi alun-alun Bandung kembali. Dibuka pada tanggal 20 September 2018 yang lalu, Alun-alun Bandung siap memanjakan mata para pengunjung yang datang dengan penampilan dan wajah barunya karena telah dilakukan perbaikan di beberapa titik yang dilakukan pemerintah setempat.

Yang paling menonjol adalah tampilan dari rumput sintetisnya. Lapangan seluas 4000 meter persegi ini memiliki pola rumput dengan garis-garis diagonal ditambah tulisan Bandung Juara berwarna putih di sisi utara. Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil, beberapa kali sempat mengunggah foto alun-alun Bandung di akun Instagramnya dan terlihat sedang menikmati suasana kota sambil tidur-tiduran di atas rumput sintetis yang telah terpasang. Dalam foto tersebut terlihat rumputnya berwarna hijau terang dan juga ada yang berwarna hijau dengan sedikit berbeda di bagian yang berpola. Dan yang kelihatan diperbaiki adalah taman bermain untuk anak-anak di sisi utara alun-alun.

Tanamannya berada di sisi selatan yang terlihat sangat rapi. Bangunan serta fasilitas di sekelilingnya juga telah dicat ulang dan keramiknya telah banyak yang diperbaiki. Menurut Ridwan Kamil nantinya tidak hanya alun-alun Bandung saja yang akan direnovasi tapi seluruh alun-alun di Jawa Barat akan direnovasi menjadi tempat yang lebih baik. Karena alun-alun suatu kota merupakan wajah utama dari kota itu sendiri.

Semoga saja yang direncanakan oleh Ridwan Kamil benar-benar akan terlaksana dan terbagi adil di seluruh wilayah di Jawa Barat. Bukan hanya di kota besar melainkan juga di kota-kota kecil di Jawa Barat. Dan tentunya harus tetap diawasi pengolahan dananya agar tidak dikorupsi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.