Thursday, December 5Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Waduh, Kenapa Tokopedia Dibombardir Bintang Satu Di Playstore

Waduh, Kenapa Tokopedia Dibombardir Bintang Satu Di Playstore

Dalam pantauan kumparan, beberapa pengguna Tokopedia mulai memberikan rating bintang 1 dan komentar berbau sara di Playstore maupun App Store. Mereka menilai Tokopedia telah mendukung Ustaz Haikal Hassan, figur yang dianggap radikal dan intoleran. Terkait hal ini, pihak Tokopedia menyebut diundangnya Ustaz Haikal sebagai pembicara adalah keputusan penyelenggara, bukan pihak mereka.

Salah satu dampak dari trending topic Twitter #UninstallTokopedia adalah serbuan siber pada aplikasi Tokopedia untuk Android. Pada Sabtu siang ini (30/11), aplikasi Tokopedia di Play Store dibombardir dengan rating bintang 1. Dalam pantauan kumparan, beberapa pengguna Tokopedia mulai memberikan rating bintang 1 pada hari yang sama dengan trending #UninstallTokopedia.

Mereka juga menyertai alasan memberi bintang 1 dengan ungkapan ‘Kadrun’, ‘pendukung intoleran’, ataupun ‘pendukung SARA dan radikal’. Reaksi pengguna Tokopedia itu menuduh bahwa Tokopedia telah mendukung figur yang dianggap radikal dan intoleran.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tuduhan ini bermula dari kicauan akun Twitter @TolakBigotRI menampilkan Ustaz Haikal Hassan sedang berbicara di panggung dengan latar belakang bertuliskan Tokopedia presents Ria Miranda The Seventh Annual Show.

Acara tersebut sebenarnya merupakan fashion show tahunan merek busana Muslim Ria Miranda yang berlangsung pada 28-29 November 2019 di The Hall Senayan City, Jakarta, yang didukung oleh Tokopedia.

Selain fashion show, Ria Miranda juga mengundang Ustaz Haikal Hassan sebagai salah satu pembicara. Kehadiran Haikal Hassan ini kemudian yang menjadi pembicaraan oleh netizen sehingga memunculkan tagar #UnsinstallTokopedia. Pihak Tokopedia menyebut diundangnya Ustaz Haikal Hassan sebagai pembicara adalah keputusan Ria Miranda dan bukan pihak mereka.

“Seluruh konten, konsep dan juga pengisi acara RMTS2020 merupakan sepenuhnya inisiasi dari RiaMiranda. Dan kerja sama antara Tokopedia dengan RiaMiranda kali ini juga adalah untuk menghadirkan koleksi terbaru ‘Serunai’. Yang mana itu bisa didapatkan masyarakat secara eksklusif baik di Official Store maupun Tokopedia Salam,”kata Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia.

Tokopedia juga menjelaskan mereka menghargai pandangan setiap masyarakat Indonesia. Sebagai institusi, Tokopedia juga menentang keras adanya diskriminasi. Seperti SARA, radikalisme serta pihak-pihak atau aktivitas apa pun yang bisa merusak persatuan bangsa.

Beri rating 1 untuk Aplikasi, apakah tepat?

Memberikan rating bintang 1 memang diizinkan oleh kebijakan Google Play Store. Tujuannya adalah untuk mengulas kinerja aplikasi yang bersangkutan sesuai dengan penilaian pengguna. Namun, apakah memberikan bintang 1 dengan alasan di luar kinerja aplikasi diperbolehkan oleh Play Store?

Dalam kebijakan posting komentar rating, Google melarang keras penggunanya untuk ‘mem-posting ulasan palsu yang dimaksudkan untuk meningkatkan atau menurunkan peringkat’. Mereka juga melarang pengguna untuk ‘menulis konten yang kasar atau penuh kebencian atau mengancam atau melecehkan orang lain’.

Baca juga :

 

Raksasa teknologi asal AS itu juga meminta pengguna untuk mengikuti pedoman ulasan mereka. Beberapa di antaranya adalah ‘cobalah untuk memasukkan hal positif maupun kekurangannya’, ‘bersikap baik kepada orang lain; jangan menyerang orang lain’, dan ‘jadikan komentar Anda bermanfaat dan informatif’.

Tidak jelas hukuman macam apa yang bakal diberikan Google bagi pengguna yang melanggar kebijakan tersebut. kumparan telah meminta tanggapan Google Indonesia, namun sampai saat ini mereka masih belum memberikan komentar.

Kasus pemberian rating kecil di luar alasan kinerja aplikasi bukan hanya kali ini terjadi. Pada awal pekan ini, misalnya, pengguna Play Store memberondong aplikasi ‘Tous les jours’ karena menganggap bahwa waralaba roti itu punya kebijakan yang tidak toleran. Kacaunya, pengguna Play Store salah menargetkan aplikasi dan malah menyerang aplikasi parfum ‘Tous les jours’ asal Prancis, bukan Tous Les Jours yang memproduksi roti.