Tuesday, November 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Venus dan Mars Dapat Terlihat Jelas Saat Gerhana Bulan Total

Venus dan Mars merupakan planet terdekat dengan bumi, dimana tidak akan bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Namun dengan adanya fenomena langka gerhana bulan total pada Sabtu (28/07/2018) dini hari WIB lalu, kedua planet tersebut dilaporkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Planet Mars dapat dilihat langsung bahkan dengan adanya hujan meteor.

Beberapa waktu lalu memang ada gerhana bulan total, dimana dianggap menjadi fenomena alam langka terlama sepanjang seabad terakhir. Karena terjadi hampir 103 jam, bahkan tidak perlu menunggu dari dini hari, gerhana total baru muncul pada pukul 4 pagi hari. Jika Anda amati lagi di langit, pukul 6 pagi gerhana bulan masih berlangsung namun hanya sebagian kecil saja.

Sudah jelas fenomena langka ini mengundang perhatian publik, bahkan hingga berlangsung nonton bareng (nobar) langsung yang berpusat di Pendidikan Tinggi Jakarta. Tujuannya untuk menunggu gerhana bulan total tersebut, namun dalam acara nobar tidak terlihat adanya hujan meteor seperti yang dilaporkan oleh LAPAn.

Hal ini memang terjadi, seperti yang dituturkan oleh Syachrial Annas, dimana hujan meteor terjadi  hanya saja tidak terlihat karena terhalang sinar bulan yang cukup terang dengan langit cerah saat. Tidak perlu kecewa, pasalnya dalam fenomena gerhana bulan, venus dan mars bisa terlihat dengan mata telanjang.

Baca juga : Gerhana Bulan Total Diprediksi Akan Terjadi Pada 28 Juli 2018

Ini dipastikan langsung oleh Syachrial, dimana venus dan mars memang bisa dilihat secara langsung, dimana mulai muncul pada pukul 19.00 WIB, ini berlangsung hingga 3 jam dan berakhir pada 21.00 WIB. Bahkan dipastikan tidak perlu menggunakan alat bantu apapun, penonton juga bisa mengabadikan lewat kamera smartphone.

Mengapa hujan meteor tidak bisa terlihat, karena arahnya menuju bulan, sehingga sinar bulan yang cukup terang menutupinya. Sehingga tidak akan bisa di lihat dengan mata telanjang, membutuhkan alat minimal teleskop dengan lensa yang cukup jauh. Ini bahkan membutuhkan penglihatan yang cukup fokus, karena tidak bisa diamati oleh amatiran.

Kegiatan nobar ini menurut Syachrial memang jadi media edukasi sekaligus hiburan bagi masyarakat, dimana bisa melihat gerhana bulan secara langsung. Selain itu, bahkan mendapatkan bonus dengan terlihatkan venus dan mars secara bersamaan, padahal sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi dan tidak diprediksi sebelumnya.

Bahkan kali ini, menurut Syachrial gerhana bulan total yang sangat spesial, selain cahayanya lebih terang, berlangsung lebih lama hingga 103 menit, bahkan tidak terlalu malam pada 02.30 hingga 04.13 WIB, ini tentu tidak perlu begadang untuk menyaksikan langsung dari rumah, cukup bangun lebih pagi saja untuk menyaksikan fenomena alam langka tersebut. Selain itu, venus dan mars menjadi terlihat jelas, ini sebuah pengalaman yang tidak terlupakan, bahkan sarana edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak.

Related Post

Jerawat Bisa Muncul Karena Salah Pakai Makeup Jerawat jadi masalah kulit utama, apalagi sering kali muncul di bagian wajah. Ini membuat banyak remaja khususnya menjadi tidak percaya diri, padahal ...
Posisi Misionaris, Terbaik bagi Wanita Diantara berbagai macam posisi saat bermain seks, konon posisi misionaris adalah posisi yang paling banyak disukai kaum wanita. Posisi ini memang te...
Masa Depan Indonesia Jika DIlihat Dari Laboratoriu... Gadis Berhijab  asal Mojokerto ini bernama Elsanyn Dhecma Dhalih Chaya Faatira mengikuti Program Teropong Masa Depan  atau Seeds for the Future yang...
Sudah Tua, 5 Hal yang Membuat Anda Sadar Sudah tua, ini bukan hanya istilah pertambahan usia. Melainkan apakah sudah benar-benar menjadi dewasa atau hanya terjebak dalam tubuh tua namun belum...

One Comment

Comments are closed.