Thursday, October 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Vaksin MR Terbukti Ampuh Mengatasi Penyakit Campak Jerman

Vaksin MR atau Measles Rubella kini semakin gencar di perkenalkan pada publik, bahkan kementerian kesehatan sudah memberikan secara gratis. Ini memang untuk anak-anak guna mencegah terjadinya penyakit Measles dan Rubbela, dimana lebih banyak dikenal dengan sebutan penyakit campak Jerman.

Mengapa kini gencar diberikan vaksin MR, hal ini karena Measles dan Rubella adalah masalah besar yang merebak di dunia kesehatan, dimana bisa menyerang siapa pun dengan sistem imun rendah. Namun lebih banyak ditemukan kasus terjadinya campak Jerman pada anak-anak hingga usia remaja. Sehingga pemberian vaksin kini lebih banyak diprioritaskan untuk anak-anak yang masih aktif sekolah.

Dimana sudah dilakukan efektivitas untuk mengeliminasi dampak secara global dengan adanya Measles dan Rubella, bahkan ini menjadi prioritas nasional. WHO sendiri sebagai badan kesehatan dunia, sudah mencatat jika Indonesia merupakan pusat laporan terjadinya campak Jerman terbesar setiap tahunnya, dimana kasus hingga ribuan.

Jika melihat catatan yang dimiliki kementerian kesehatan, mulai tahun 2010 hingga 2017, sudah tercatat ada 27.834 kasus campak baik untuk campak Jerman dan yang lainnya sudah dilaporkan dan belum mendapatkan penanganan secara tepat. Sehingga diharapkan untuk melakukan pencegahan dari pada mengobati penderita, dimana rata-rata dialami anak-anak hingga sekitar usia remaja karena belum memiliki sistem imun yang kuat.

WHO juga menjelaskan secara global, jika penyakit yang disebabkan Measles dan Rubella, ini terjadi dari satu virus yang sama, sehingga bisa di lemahkan dengan antivirus serupa. Anda bahkan tidak akan melihat perbedaan penderita Measles dan Rubella, karena mengalami tanda dan gejala yang hampir serupa, namun terjadi pada usia yang berbeda.

Baca juga : Air Garam Mitosnya Dapat Meredakan Sariawan, Apakah Lebih Bagus Dari Obat

Jika anak mengalami demam, muncul ruam, sering sakit kepala hingga sekitar wajah menjadi kemerahan dan mata gatal, maka bisa jadi mengalami Rubella. Namun akan lebih serius jika tertular pada ibu hamil, ini dapat menyebabkan keguguran atau bayi nanti terlahir dengan cacat permanen atau bawaan lahir, seperti buta dan tuli.

Maka dari itu, harus diberikan vaksin MR untuk mengatasi bahkan bisa mencegah terjadinya Measles dan Robella, ini sudah menjanjikan keberhasilan di bumi bagian barat pada 2002 lalu untuk kasus Measles dan sudah bersih dari Rubella pada 2009 lalu. Sudah jelas, jika vaksin MR memang dibutuhkan setiap anak Indonesia agar tumbuh dengan sehat.

WHO bahkan berani memastikan jika vaksin MR aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Ini bahkan bisa memberikan pencegahan untuk penyakit lainnya, dimana sudah dilakukan uji coba pada 150 negara lainnya, terbukti bisa mengatasi gejala bahkan menyembuhkan dengan cepat. Ini akan efektif diberikan pada anak usia 9 bulan (setelah mendapatkan imunisasi lengkap) dan remaja yang berusia kurang dari 15 tahun.

Bukan itu saja, kementerian kesehatan sudah memastikan jika vaksin MR halal, sehingga bisa digunakan pada siapapun. Hal ini juga tidak mendapatkan penolakan dari MUI, dimana Nila Farid Moelek sudah melakukan peninjauan langsung, dimana tidak ada fatwa MUI yang dilanggar dengan pemberian vaksin yang akan mencegah Meales dan Rubella.

Related Post

Darimana Sebenarnya Logam Emas dan Perak Itu Beras... Asian Games telah berakhir, opening dan closing ceremony yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bungka Karno berjalan sangat sukses dan lancar. Indone...
Bepe Minta Liga 1 Dibubarkan Saja, Daripada Mereka... Lagi-lagi persepakbolaan Indonesia tercoreng oleh dua kubu yang mengaku cinta dengan klubnya namun selalu berbuat bodoh dalam mendukung timnya terse...
Spesifikasi yang Harus Diperhatikan Saat Memilih S...   Memahami spesifikasi smartphone wajib dilakukan sebelum menentukan pilihan, karena hampir setiap minggu produk-produk smartphone terbaru m...
Tingkah McGregor Sampai Membuat Trauma Petarung Pe... Selain tangguh dalam octagon, Conor McGregor juga dikenal sebagai petarung yang suka bikin onar dan sering memprovokasi lawan-lawannya melalui trash...

One Comment

Comments are closed.