Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Udara Bersih Setiap Hari Dapat Dirasakan Di 8 Negara Ini

Udara bersih menjadi topic hangat sekarang ini, bagaimana tidak jika Jakarta menjadi sorotan dunia. Dimana termasuk dalam kota yang memiliki tingkat polusi salah satu tertinggi di dunia. Hal ini membuat pecinta lingkungan dunia dalam akun twitter resminya @GreenpeaceID, meminta pada semua warga Jakarta jika akan keluar rumah untuk menggunakan masker.

Bukan hanya masker tipis biasa, melainkan masker N95. Ini sebaiknya digunakan pada kota dengan tingkat polutan mencapai PM 2,5. Nampaknya ‘ibukota’ membuat polusi udara bukan hal baru, bahkan bisa dibilang udara bersih sangat langka terjadi. Tentu saja ini membuat masyarakat semakin terganggu, apalagi jumlah penyakit semakin meningkat.

Sebenarnya kota seperti apa yang memiliki tingkat udara bersih terbaru? Jika menyimak lama Traveller, dimana ada 8 kota besar di dunia yang memiliki kualitas udara terbaik. Bukan hanya kota kecil yang tidak berpenghuni jutaan orang, namun memiliki penataan kota yang bagus. Dimana tidak hanya menonjolkan gedung tinggi namun pohon besarnya.

8 Kota Dunia Memiliki Udara Bersih Setiap Harinya

  1. Stockholm, Swedia

    Ini merupakan kota yang dinobatkan paling bersih di dunia, bahkan mendapatkan predikat kota terhijau di benua Eropa pada 2010 lalu. Meskipun dengan predikat terbaik dunia, namun kota Stockholm masih saja berbenah, dimana berencana akan mengurangi jumlah emisi karbon hingga 25 persen.

    Hal ini bahkan mendapatkan dukungan penuh dari warga, pengembang kota dan semua orang terkait. Terbukti, masih ada beberapa hutan dalam kota yang berfungsi dengan baik, selain itu gedung bertingkat juga tetap banyak, namun jumlahnya seimbang dengan alam. Hal inilah yang membuat kota Stockholm di sukai banyak wisatawan dari berbagai dunia.

  2. Madrid, Spanyol

    Kota besar dengan ribuan orang setiap harinya, namun Madrid menerapkan tata kota yang terbilang cukup aneh. Dimana hampir semua penduduk menetap di distrik Malasana, untuk tinggal dan bermalam. Namun tetap beraktivitas seperti biasanya, bahkan untuk menuju kota lebih memilih menggunakan sepeda dari pada kendaraan bermesin.

    Baca juga : Belarusia Memperpanjang Bebas Visa Untuk Wisatawan Dari Indonesia

  3. Monaco

    Anda tentu akan langsung menuju sirkuit ajang balap mobil, formula 1. Namun jangan salah, kota yang banyak digunakan ajang kebut-kebutan ini sangat rendah polutan, bahkan masih dapat menghasilkan udara bersih. Pasalnya WHO menyebutkan jika Monaco sebagai salah satu kota dengan udara terbersih di dunia. Bahkan tingkat polutan sangat rendah di kota ini.

  4. Ottawa, Kanada

    Sejak tahun 1950, Kota Kanada sudah membuat tata kota yang terbilang sangat bijak. Dimana menempatkan kawasan hijau sebesar 202 kilometer persegi, di tengah kota dan tidak boleh di alih fungsikan hingga sekarang. Hal ini membuat udara bersih tetap terasa meskipun ada banyak gedung dan industri, sehingga tetap menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

  5. Edinburgh, Skotlandia

    Ini menjadi salah satu kota rujukan wisatawan dunia, dimana memiliki udaranya yang bersih namun tetap bertransformasi sebagai kota metropolitan. Memiliki tata kota yang bagus, dimana masyarakat sendiri mendukung dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga keseimbangan alam, sehingga masuk sebagai salah satu kota terbersih di dunia.

  6. Wellinton, Selandia Baru

    Jika ingin berwisata alam dengan keindahan pantainya, maka akan datang ke Selandia Baru. Memiliki sinar matahari berlimpah, tidak membuat alam menjadi kering. Pasalnya banyak wisatawan dunia, sengaja datang kesini untuk menikmati menghirup udara segar. Hal ini karena Kota Wellinton termasuk bagus dalam mengolahakan energi dan sampah.

  7. Montevideo, Uruguay

    Memiliki iklim tropis namun bisa menarik wisawatan dengan kawasan pesisir yang menawan, udaranya yang segar juga merupakan komitmen bersama dari pemerintah kota dan masyarakat untuk tidak mencemari udara Montevideo. Hasilnya, selalu berhasil menjadi perhatian wisatawan dunia, bahkan banyak yang memutuskan pindah kemari.

  8. Helsinki, Finlandia

    Ini merupakan kota yang cukup gila, dimana pemerintah dan warganya tidak menginginkan menggunakan kendaraan bermotor yang jadi penyebab utama polusi udara. Sebagai gantinya, lebih memilih menggunakan sepeda atau berjalan kaki, jika memang akan pergi ke kota. Hal ini membuat pemerintah kota membuat jalur khusus untuk sepada, bahkan hingga 3.800 kilometer.

Jika melihat semua kota di dunia dengan udara bersih yang berhasil didapatkan, ini bukan hanya dorongan dari pemerintah kota, melainkan kesadaran masyarakat sendiri. Bahkan ada yang lebih suka bersepeda dari pada naik kendaraan bermesin yang bisa mencemari lingkungan, jadi untuk mendapatkan tempat tinggal yang bersih mulailah dari diri sendiri.

One Comment

Comments are closed.