Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tukang Lawak Ini Menang Pilpres Di Negara Pecahan Soviet

Tukang Lawak Ini Menang Pilpres Di Negara Pecahan Soviet

Komedian yang tak punya pengalaman politik, Volodymir Zelensky, menang mutlak dalam penghitungan suara Pilpres Ukraina. Penghitungan suara yang dilakukan komisi pemilu Ukraina pada Minggu (22/4) menyatakan, Zelensky memperoleh 73 persen suara. Sementara penantangnya, presiden petahanan Ukraina, Petro Poroshenko, mesti menelan pil pahit. Ia hanya mendapat suara 24 persen.

Mengetahui dirinya memperoleh kemenangan, Zelensky menyatakan dirinya siap menjadi pemimpin 45 juta warga Ukraina. “Saya tidak akan pernah mengecewakan kalian,” sebut Zelensky seperti dikutip dari AFP, Senin (22/4). “Saya akan memberi tahu negara-negara pecahan Soviet yang lainnya, lihat kami, segalanya itu mungkin,” sambung dia.

Zelensky merupakan komedian yang dikenal atas perannya menjadi Presiden Ukraina di serial televisi, Servant the People. Setelah resmi merebut kemenangan, tumpukan pekerjaan rumah menanti Zelensky. Ia dituntut memberantas korupsi, ketidakadilan serta pemberontakan di Ukraina bagian timur.

Layaknya komedian, perjalanan hidup Zelensky penuh humor. Bahkan beberapa di antara humor-humor bikinannya menjadi kenyataan. Kira-kira humor apa saja?

Mencalonkan dan Terpilih sebagai Presiden di Serial Komedi

Zelensky berperan sebagai aktor utama bernama Vasyl Petrovych Holoborodko di serial komedi ‘Servant of the People’. Serial yang mengisahkan seorang guru sejarah SMA yang mendadak jadi presiden karena video keluhannya tentang pilpres viral setelah direkam diam-diam oleh muridnya.

Menurut si guru yang bernama Holoborodko itu, tak akan ada hal yang berubah setelah pilpres berlangsung. Alasannya, setiap capres selalu mencuri uang rakyat. “Jika aku bisa berkuasa di sana (sebagai presiden) hanya dalam waktu seminggu saja aku akan tunjukkan kepada mereka,” kata Holoborodko di episode pertama 2015 lalu.

Empat tahun kemudian, Zelensky benar-benar mewujudkan omongannya yang tadinya hanya sebuah adegan film. “Aku akan mencalonkan diri sebagai presiden. Orang-orang telah bertanya kepadaku apakah aku menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’. Aku berkata ya, katanya di awal Januari 2019 lalu dilansir oleh TASS.

Mencalonkan diri Sebagai Capres Tanpa Pengalaman Politik Apapun

Zelensky dikenal sebagai capres yang tak punya pengalaman politik sama sekali. Satu-satunya pengalaman politiknya, yakni saat dia memerankan tokoh Holoborodko di ‘Servant of the People’. Dari adegan-adegan film itulah dia mengungkapkan ide-idenya sebagai capres di dunia nyata.

Dalam serial komedinya, Zelensky yang berperan sebagai seorang guru dicalonkan presiden secara mendadak tanpa persiapan apa-apa. Namun, di dunia nyata ia mengaku telah belajar menjadi seorang presiden sebenarnya. “Saya tidak mau terlihat bodoh,” sebut Zelensky saat berbincang dengan kantor berita Perancis AFP, Kamis (28/3) lalu.