Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Untuk Mengembalikan Berat Badan Setelah Rayakan Lebaran

Tips Untuk Mengembalikan Berat Badan Setelah Rayakan Lebaran

Aneka sajian khas Idul Fitri memang sulit untuk ditolak. Rasanya ada yang kurang bila tak menyantap opor ayam, rendang, hingga kue kering yang legit saat lebaran. Tapi, makanan tersebut juga dikenal akan kandungan lemak, garam, dan gulanya yang tinggi. Tiga kandungan itu tentu menjadi momok menakutkan, terutama bagi orang yang sedang berdiet.

Tidak ingin, kan angka timbangan melonjak tinggi setelah lebaran? Berikut tips mengembalikan berat badan pasca lebaran:

  1. Kembali ke menu sarapan sehat

Tips pertama, cobalah kembali pilih menu makanan sehat untuk sarapan. Kamu bisa memilih menu; seperti oatmeal, telur, atau yoghurt dengan topping buah-buahan yang tinggi protein. Jurnal dari PubMed tahun 2006, menemukan sarapan tinggi protein bisa menekan hormon ghrelin penyebab lapar agar lebih efektif dibanding menyantap makanan tinggi karbohidrat.

  1. Perbanyak makan sayur

Jangan remehkan peran sayur dalam mengembalikan berat badan agar kembali ideal. Sebagian besar sayur, punya kandungan serat tinggi yang berfungsi melancarkan proses pencernaan.

Serat akan membantu meningkatkan rasa kenyang, dan menekan keinginan untuk makan berlebih. Dari penelitian Dietary Fiber and Weight Regulation yang diterbitkan PubMed, asupan kalori orang yang mengkonsumsi 14 gram serat setiap harinya menurun sebesar 10 persen dibanding orang yang tidak makan serat.

  1. Jangan lewatkan waktu makan

Diet bukan berarti membatasi makan. Malahan, melewatkan waktu makan akan meningkatkan keinginan untuk makan dalam jumlah lebih banyak. Dari penelitian Department of Human Biology, Maastricht University, makan 3 kali sehari, justru bisa meningkatkan pembakaran lemak lebih efektif, daripada makan 2 atau satu kali sehari. Melewatkan waktu makan juga akan meningkatkan hormon ghrelin sehingga rasa lapar lebih cepat datang.

  1. Makan dengan perlahan

Menyantap makanan secara perlahan juga dipercaya dapat menekan nafsu makan berlebih. Makan secara perlahan ini artinya adalah menyantap makanan sambil merasakan tekstur, rasa, dan aromanya dengan seksama. Menurut jurnal dari Royal Children’s Hospital, Australia, teknik ini bahkan bisa menjadi terapi bagi orang-orang yang susah menekan nafsu makan.

  1. Perbanyak minum air putih

Kembali perbanyak asupan air putih yang berguna memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan. Tak hanya itu, air putih juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Asupan air yang cukup akan membantu pembakaran kalori. Menurut jurnal dari PubMed tahun 2003, pembakaran kalori di dalam tubuh bisa meningkat hingga 30 persen setelah 10 menit meminum air putih.