Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Tidur Nyenyak Meskipun Suhu Tengah Panas dan Membuat Gerah

Tips tidur nyenyak banyak di cari setiap orang, dimana memiliki banyak permasalah dengan sulit tidur di malam hari. Mulai dari pekerjaan yang harus di bawa ke rumah, kebiasaan buruk hanya bisa tidur di tengah malam hingga masalah insomnia. Namun jika Anda perhatikan beberapa hari terakhir, terasa sangat panas bukan sehingga harus tidur dengan berkeringat.

Ini akan membuat Anda kegerahan jika tidak memiliki pendingin ruangan, namun merasa tidak nyaman jika dinyalakan terlalu lama. Sehingga tidur menjadi serba salah, Anda bahkan tidak bisa mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Hal ini karena sedang terjadi gelombang panas atau heatwave, ini terjadi di Jepang, namun sudah dipastikan oleh BMKG jika Indonesia tidak akan terkena imbasnya.

Namun bagaimana caranya bisa tidur dengan nyaman dan bangun lebih bersemangat di tengah cuaca yang tidak bersahabat, Anda harus bisa mengatasinya dengan baik apalagi sering terjadi cuaca ekstrem. Dimana pada siang hari sangat panas dan di malam hari, tiba-tiba terasa sangat dingin. Maka dari itu, cobalah untuk mengatasi dengan bijak.

5 Tips Tidur Dengan Benar Saat Cuaca Sangat Panas

  1. Gunakan Pelemban Kulit

    Ini hal yang paling gampang digunakan, bahkan langsung dipraktekan oleh para wanita. Dimana menggunakan pelembab akan mengatasi kulit kering, selain itu bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Karena mendapatkan nutrisi yang tepat, Anda bisa memilih pelembab dengan bahan dasar lidah buaya (aloe vera), karena dapat memberikan sensasi dingin yang menyenangkan. Bahkan ada trik tersendiri, tempatkan pelembab di lemari pendingin, ini akan terasa sangat nyaman digunakan pada kulit dan terbukti aman.

    Baca juga : Tips Badan Langsing Meski Harus Duduk Seharian Di Kantor

  2. Gunakan Pakaian Tidur

    Sebagian dari Anda tentu akan menolak menggunakan piyama atau baju tidur, ini akan menambah gerah. Namun membuat kulit dapat bernapas lebih bebas, tips tidur nyenyak di cuaca panas. Pastikan menggunakan pakaian tidur yang nyaman dan ringan, bisa menggunakan bahan katun tidur atau satin, sehingga membuta kulit terasa lebih dingin.

  3. Mengurangi Konsumsi Protein

    Hal ini dikatakan oleh Dave Gibson, dimana sebaiknya sebelum tidur tidak terlalu banyak konsumsi protein, apalagi hewan sehingga tubuh menjadi lebih dingin. Pasalnya jika konsumsi protein terlebih banyak, hal ini membuat tubuh menjadi panas karena terjadi peningkatan metabolisme dalam tubuh. Namun Anda tetap bisa memilih masakan pedas, ini memang akan mengeluarkan keringat secara langsung namun bisa melepaskan suhu panas.

  4. Jangan Mandi Sebelum Tidur

    Banyak orang merasa gerah, maka akan mandi sebelum tidur. Ternyata ini sebuah pemikiran yang salah, pasalnya mandi akan membuat tubuh menjadi lebih hangat dan panas. Ini karena, saat mandi Anda akan memilih menggunakan air dingin, sehingga suhu menjadi lebih rendah dari ruangan. Tubuh akan menyerap suhu di lingkungannya, maka dari itu jangan heran setelah mandi di sore hari Anda akan merasa lebih cepat mengantuk.

  5. Perbanyak Minum Air Putih

    Sudah jelas, konsumsi air lebih banyak akan menghindari dehidrasi, hal ini akan membuat kulit menjadi lebih dingin. Selain itu, tips tidur nyenyak di malam hari, minimal minum air satu gelas. Sehingga bisa terbangun menjadi lebih segar, disarankan juga minum air satu gelas kembali saat bangun tidur. Ini akan mengatasi masalah dehidrasi, apalagi setelah bangun tidur.

Bukan hal sulit menerapkan tips tidur nyenyak saat cuaca sedang tidak bersahabat, jangan nyalakan pendingin ruangan dengan suhu terendah. Ini memang membuat nyaman seketika, namun tubuh tidak akan kuat dan akhirnya tumbang. Saat Anda sakit di cuaca ekstrem memang sudah sembuh, bahkan untuk penyakit ringan seperti flu dan batuk.

One Comment

Comments are closed.