Tuesday, November 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Puasa – Berbuka Dengan Gorengan? Ikuti Tips Sehatnya

Tips Puasa - Berbuka Dengan Gorengan? Ikuti Tips Sehatnya

Tips Puasa – Semua makanan akan terasa lezat sebelum buka puasa, sehingga tidak heran Anda akan membeli takjil atau makanan untuk berbuka puasa, lebih dari satu porsi. Padahal saat berbuka Anda hanya bisa menghabiskan satu porsi makanan saja, inilah yang jadi kebiasaan buruk.

Gorengan menjadi makanan yang tidak bisa dipisahkan saat berbuka, rasanya yang hangat, gurih dan asin, sudah pasti meningkatkan selera makan. Ini memang tidak masalah jika di konsumsi dalam jumlah cukup, namun bagaimana jika berlebih, tak heran banyak yang mengalami batuk hingga sakit tenggorokan saat bulan puasa.

Maka dari itu, jangan konsumsi gorengan secara berlebihan, apalagi jika membelinya di pinggir jalan. Lihat dahulu, bagaimana kebersihan tempat dan pembuatan gorengan tersebut. Akan lebih sehat jika membuat gorengan sendiri di rumah bersama keluarga.

4 Tips Berbuka Dengan Gorengan Agar Tetap Sehat

1. Buat Sendiri Gorengan di Rumah

Sudah pasti jika memasak sendiri di rumah, Anda akan menggunakan bahan terbaik, sayuran segar dan tidak menambahkan bahan pengawet. Jika tidak bisa memasak atau takaran takut salah, cari resep masakan hingga tutorial memasak langsung dari internet.

Bukan hanya membuat gorengan aman dan sehat, ini juga bisa menghemat uang. Apalagi jika sudah berkeluarga, satu bungkus gorengan dengan harga 10 ribu yang biasa Anda beli. Jika memasak sendiri hanya butuh budget kurang dari setengahnya, bahkan bisa membuat dalam jumlah banyak untuk dibagikan pada tetangga.

2. Gunakan Minyak Baru

Saat membeli gorengan di pinggir jalan, Anda tentu tidak tahu sudah berapa kali digunakan minyak tersebut untuk menggoreng. Bahkan sering kali warnanya sudah sangat menghitam, hati-hati sisa gorengan yang mengendap tersebut bisa memicu aktifnya sel kanker.

Baca juga: Buah Berair Paling Cocok Dijadikan Makanan Berbuka Puasa

Lain ceritanya jika membuat gorengan sendiri, Anda tentu akan menggunakan minyak yang masih baru dan jernih. Bahkan memiliki minyak goreng kemasan dengan kualitas yang lebih baik, untuk mendapatkan hasil gorengan yang renyah, gurih dan sehat. Sebaiknya hanya gunakan tiga kali penggorengan saja, sisanya lebih baik di buang.

3. Goreng Hingga Keemasan

Saat menggoreng gorengan, Anda harus mengatur suhu dengan tepat, jangan terlalu panas karena bisa gosong. Bahkan ada penelitian, jika menggoreng dalam kondisi sangat panas, maka akan membentuk senyawa akrilamida yang bisa meningkatkan risiko terserang jantung dan kanker, apalagi jika sudah punya faktor genetika.

Ada baiknya goreng dalam waktu yang cukup, biasanya tukang gorengan akan menggoreng dengan cepat dan suhu yang terlalu panas. Goreng makanan hingga berubah menjadi keemasan, biasanya memakan waktu hingga 5 menit, jika tidak dibalik terlalu sering.

4. Hilangkan Minyak Gorengan Dengan Tisu

Sekalipun sudah ditaruh dalam tempat mengentasan cukup lama, masih ada minyak berlebih yang menempel di gorengan. Keringkan dahulu sekitar 10 menit di atas tisu yang cukup banyak, ini akan mengurangi hampir 50 persen kandungan minyak yang menempel, karena memang tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Memang boleh berbuka dengan gorengan, bisa merangsang nafsu makan dan di sukai seluruh keluarga. Tetapi ibu juga harus pintar mensiasati dengan menu sehat, seperti tambahan sayur dan buah. Ini untuk mengatasi dampak negatif yang ditinggalkan dan menjaga kondisi tubuh yang sangat mudah menurun saat bulan puasa.

Related Post

Kaki Lembut Seperti Bayi, Ini Perawatan Mudahnya Kaki lembut seperti bayi menjadi keinginan setiap orang, apalagi wanita yang mengatakan jika sentuhan akhir pada fashion adalah telapak kaki. Meskipun...
Tidur Malam Hari Dapat Turunkan Berat Badan, Berap... Tidur malam memang dibutuhkan tubuh, ini waktunya istirahat total. Namun kini banyak anak muda mengabaikan hal tersebut, terlalu sering tidur di tenga...
Jenis Cinta Beragam Di Dunia, Tentukan Pilihan Ses... Jenis cinta ada beragam di dunia ini, semua hal yang mengupas tentang cinta bukan sekadar hubungan dengan lawan jenis yang Anda sukai saja. Namun ada ...
6 Cara Mudah Memperkuat Ikatan Pernikahan dan Memb... Apa rahasia untuk membuat pernikahan kokoh, bahagia dan abadi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mungkin akan butuh jawaban yang panjang, bahkan t...

One Comment

Comments are closed.