Saturday, June 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Aman Ditinggalkan Mudik Lama

Lebaran tahun ini pemerintah memberikan cuti bersama yang cukup panjang, bahkan hingga 10 hari. Sudah pasti Anda akan mudik, jangan lewatkan kesempatan untuk berlama-lama di kampung halaman, namun bagaimana dengan kondisi rumah yang ditinggalkan.

Anda tentu tidak bisa mengabaikan kondisi rumah, apalagi jika jauh dari sanak saudara. Jangan anggap sepele meskipun sudah punya keamanan dan tinggal di area kompleks. Hampir semua tetangga bisa saja juga ingin mudik, kenapa tidak membuat persiapan sendiri.

Agar mudik menjadi nyaman dan aman, Anda hanya perlu melakukan langkah pengamanan agar saat kembali dari kampung halaman rumah seperti sedia kala. Inilah yang harus Anda lakukan mulai sekarang

5 Tips Mudah Membuat Rumah Aman Saat Mudik

  1. Berikan Kunci Ganda Pada Pintu dan Jendela
    Hal utama yang harus diperhatikan adalah kunci semua pintu dan jendela, bahkan jika bisa berikan kunci ganda saat akan pergi. Pasang gembok dengan kunci unik, ini akan menyulitkan pencuri atau orang tidak dikenal masuk begitu saja.

  2. Pastikan Aliran Listrik, Air dan Gas Sudah Mati

    Mudik jauh, sudah pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar, Anda sebaiknya mematikan semua saluran listrik, air dan gas. Kenapa? Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalkan terjadi aliran pendek arus listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

    Bukan hanya Anda yang akan mudik ke kampung halaman, bisa juga semua tetangga. Sehingga untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, pastikan semua saluran tersebut mati dan tidak terhubung ke rumah.

  3. Tetap Nyalakan Lampu Bagian Luar

    Sudah bukan cerita baru lagi jika ada kemalingan saat penghuni rumah pulang kampung, pencuri akan dengan mudah mengenali rumah kosong karena tanpa adanya penerangan sama sekali.

    Kenapa tidak menyalakan lampu di bagian luar dan beberapa titik tertentu, ini akan membuat rumah tetap bernyawa. Sekaligus membuat orang sekitar bisa mengawasi rumah saat berlalu lalang, usahakan gunakan lampu bagus agar tetap bisa menyala terus menerus selama satu minggu.

    Baca juga : http://www.ulasandunia.com/mau-pulang-kampung-lebih-nyaman-unduh-dulu-empat-aplikasi-teman-mudik/

  4. Tinggalkan Rumah Dalam Kondisi Rapi

    Jangan pernah pergi saat rumah dalam kondisi kotor, ini akan membuat rasa lelah di perjalanan menjadi dua kali lipat. Pasalnya saat kembali ke rumah, Anda tentu ingin segera beristirahat, maka dari itu tinggal rumah dalam kondisi rapi.

    Bersihkan terlebih dahulu semua ruangan, buang sampah dan penyebab bau. Sediakan pengharum udara dan isi kulkas dengan makanan cepat saji dan bisa tahan lama, ini untuk mengatasi jika Anda pulang ke rumah dalam kondisi lapar.

  5. Tempatkan Barang Berharga Dengan Benar

    Anda tentu memiliki beberapa barang berharga dengan nilai komersial tinggi bukan, seperti uang dan emas yang memang ditinggalkan di rumah. Usahakan untuk memiliki lemari dengan kunci tambahan, bahkan jika bisa miliki satu brangkas kecil sehingga bisa lebih mengamankan barang berharga tersebut.

    Selain itu, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, maka bisa mengamankan surat-surat berharga. Paling tidak masih ada yang tersisa dan digunakan kembali nantinya.

Jangan takut mudik ke kampung halaman dan meninggalkan rumah beserta isinya, jika memang masih merasa ragu, bisa meminta orang terdekat untuk tinggal sementara. Sehingga rumah tidak akan kosong, namun saat lebaran usahakan untuk memberikan pengamanan terbaik dan semua akan baik-baik saja saat Anda kembali.