Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Mudah Lawan Kantuk Di Siang Hari Saat Berpuasa

Tips Mudah Lawan Kantuk Di Siang Hari Saat Berpuasa

Berpuasa tidak menjadi hambatan untuk tetap bekerja, namun sering kali terjadi perubahan dalam ritme bekerja harian. Misalkan pada siang hari, Anda biasanya akan makan siang dan beristirahat. Sekarang hanya bisa bersantai sejenak untuk menghabiskan waktu istirahat, hal ini ternyata bisa memancing rasa kantuk di kantor.

Apalagi jika pekerjaan masih banyak dan terbilang cukup monoton, hawa kantuk akan segera datang dan membuat Anda lesu seketika. Akibatnya, semua pekerjaan tidak akan selesai sesuai waktunya, itulah kenapa harus mengatur pola makan dan hidup sehat selama puasa.

Ternyata ada beberapa cara yang terbukti ampuh bisa menghilangkan kantuk di siang hari, Anda tidak mungkin akan selalu mencuci muka bukan, ini akan mengurangi pahala berpuasa. Maka dari itu, ada baiknya ikuti cara bagaimana menghilangkan kantuk saat berpuasa.

4 Cara Mudah Agar Kantuk Tidak Datang Di Siang Hari Saat Bekerja

1. Konsumsi Buah dan Sayur Lebih Banyak

Apa menu buka dan sahur Anda setiap harinya? Jika lebih banyak karbohidrat, maka inilah yang menyebabkan kantuk. Mulai rubah dengan memperbanyak sayur dan buah, ini akan menyimpan energi yang lebih panjang.

Baca juga: Susah Bangun Sahur? Ikuti Tips Mudah Bangun Sahur di Bulan Ramadan

Perut akan tetap terasa kenyang dan menyimpan energi hingga sore hari, pasalnya sayur dan buah akan dicerna dengan lebih lama di perut. Sehingga rasa lapar akan tertahan lebih lama, inilah yang membuat Anda tetap semangat bekerja.

2. Konsumsi Karbohidrat Utuh

Memang benar agar tidak lapar saat berpuasa, lebih banyak konsumsi karbohidrat. Namun ini tetap saja membuat Anda lapar di jam makan siang, ada baiknya pilih karbohidrat kompleks. Ini banyak terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan utuh, selain itu terdapat pula pada gandum dan sayuran.

Dimana terdapat kandungan serat yang sangat bagus untuk pencernaan, akan dicerna perut lebih lama dan bisa menjadikan sumber energi tambahan bagi tubuh. Perut yang dalam keadaan kenyang dan tercukupi, akan menghilangkan rasa kantuk bahkan bisa membuat rasa lapar yang lebih panjang.

3. Jangan Makan Terlalu Banyak

Salah jika saat sahur Anda makan dalam porsi lebih besar, ini akan menimbulkan efek kekenyangan dan bisa tidur setelah salat subuh lebih panjang. Akibatnya akan bangun siang dan mempersiapkan segala hal secara mendadak, hal ini berakibat saat siang menjadi lebih cepat mengantuk.

Saat dalam kondisi tergesa-gesa energi akan lebih banyak terlepas, sehingga semua makanan dalam perut akan di cerna lebih cepat. Ini akan membuat Anda mengalami kantuk berlebih, bahkan bisa jadi tertidur di meja kerja.

4. Lebih Banyak Konsumsi Protein

Supaya tubuh tetap fit dan kuat menjalani puasa dalam 30 hari ke depan, ada baiknya lebih banyak makanan protein. Tidak perlu yang mahal, cukup telur. Ini sudah memberikan kekuatan untuk tubuh, selain itu satu butir telur lebih lambat dicerna sehingga perut akan tetap dalam kondisi kenyang. Bahkan membuat Anda tidak mengantuk dan tetap fokus dalam bekerja.

Resep tidak mengantuk saat jam kerja di bulan puasa sangat mudah bukan, bahkan ini bisa diterapkan setiap harinya. Anda hanya perlu memilih makanan yang tepat, jangan sampai perut dalam kondisi kekenyangan sehingga lebih cepat lapar nantinya. Pilih makanan yang lambat di cerna, sehingga perut dalam kondisi kenyang sepanjang hari.

Related Post

Kain Songket Mahal Tetap Awet, Ini Cara Perawatan ... Kain songket memang dijual dengan harga cukup mahal, hal ini karena proses pembuatan yang cukup lama dan kualitas kainnya selalu terbaik. Bahkan kain ...
Cara Kalibrasi Baterai Android Cara kalibrasi baterai Android kerapkali ditanyakan oleh para pengguna ponsel, karena salah satu permasalahan yang paling sering menimpah smartphone...
Berat Badan Naik Drastis, Coba Kenali Penyebab Uta... Berat badan naik drastis, ini jelas akan membuat banyak wanita berteriak histeris. Apalagi saat berada di atas timbangan badan yang menunjukkan angka ...
Ketahuan Selingkuh, Ini Penyebab Pasangan Anda Bis... Ketahuan selingkuh ini fase yang sangat menyebalkan bagi hubungan asmara, baik pria atau wanita tentu tidak ingin hubungan terselubung diketahui oleh ...