Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Menginap di Hostel

Hostels

Bagi para backpacker, hostel tentu bukan tempat yang asing, karena tempat inilah yang menjadi tujuan saat butuh penginapan. Di tempat ini, selain memasang tarif yang lebih murah juga memberikan ruang rosialisasi yang lebih besar bagi para penyewanya.

Dibanding dengan hotel, fasilitas hostel memang masih kalah. Tapi jangan membayangkan kalau tempat ini kotor dan kumuh. Sebagaimana hotel, hostelpun memiliki beberapa kelas, mulai dari yang paling murah dengan fasilitas bunk bed atau tempat tidur tingkat, sampai boutique hostel, yang fasilitasnya tidak jauh berbeda dengan hotel.

Persoalannya, tidak semua orang tahu, apa dan bagaimana hostel, sehingga tidak sedikit yang ragu untuk menginap di tempat ini, utamanya bagi backpacker pemula. Kebanyakan dari mereka meragukan sisi keamanannya.

Pada umumnya hostel memiliki jenis kamar yang ditempati beberapa orang yang sebelumnya tidak pernah saling mengenal, kamar ini disebut dormitory. Kamar tersebut ada yang berukuran luas dengan tempat tidur bertingkat dan diisi dengan belasan orang, ada pula yang berukuran sempit dengan kapasitas 3 orang.

Jumlah petugas hostel tidak sebanyak petugas hotel, karena kerjanya hanya membersihkan kamar ketika tamu sudah check out. Sedang untuk kebersihan kamar, ,semua dipasrahkan kepada penghuni atau penyewa. Sehingga saat berada di hostel, kita seolah berada di rumah sendiri.

Baca juga: Tips memilih Asuransi yang Tepat Saat Traveling

Untuk menyimpan barang, kita diberi fasilitas locker beserta kuncinya, sementara untuk fasilitas kamar mandi, dimanfaatkan secara bersama-sama, begitu juga dengan dapur dan ruang tunggu.  Di ruang tunggu inilah penghuni hostel bisa bersosialisai satu dengan lainnya, termasuk memanfaatkan wifi untuk berselancar di dunia maya.

Memilih hostel sebagai tempat penginapan, berarti kita harus siap mengorbankan privacy. Tetapi, hargailah teman sekamar saat sibuk dengan aktifitas pribadinya. Jadi jangan bersikap sok akrab, cukup berbasa-basi dengan mengucapkan salam, atau sekedar mengusung percakapan ringan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih hostel sebagai tempat penginapan, yaitu:

Memastikan keamanan dan kenyamanan hostel, dengan melihat apakah hostel tersebut dijaga 24 jam dan dilengkapi dengan CCTV. Kemanan dan kenyamanan ini sangat penting, sebab jika tidak, maka kita tidak akan dapat beristirahat dengan tenang, dan dampaknya akan mengganggu perjalanan kita pada keesokan harinya.

Membaca review tentang hostel di situs booking online, juga perlu dilakukan, sehingga kita tahu benar fasilitas apa saja yang disediakan, seperti apa pelayanan yang diberikan, dan bagaimana tingkat keamanannya. Jangan lupa untuk memilih hostel yang tempatnya strategis, dekat dengan pusat kota, berada di area yang terkenal aman, serta cukup dekat dengan akses transportasi umum.

Para backpacker umumnya berasal dari negara maju yang ada di Eropa, Amerika dan Australia. Sedang yang dari Asia, kebanyakan dari Jepang dan Korea. Meski demikian, jangan pernah minder untuk bergaul dengan mereka. Beri kesan yang baik kepada mereka, karena hal tersebut akan mereka jadikan acuan untuk menilai bangsa kita.

Related Post

Aruna dan Lidahnya, Kembali Menyandingkan Dian Sas... Pasangan aktor kebanggaan Indonesia, Dian Sastrowardoyo kembali di sandingkan dengan Nicholas Saputra. Kali ini dalam film Aruna dan Lidahnya. Film ...
Minum Air Es Bisa Bikin Gemuk? Temukan Jawaban Pas... Minum air es memang paling segar saat cuaca panas, ini akan membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Namun pernahkah mendengar mitos minum air dingin d...
Churros, Camilan Manis Yang Mudah Dibuat Sendiri D... Churros merupakan camilan manis, gurih dan asing (tergantung toping apa yang digunakan), berasal dari Spanyol yang menjadi jajanan yang disukai hampir...
Momen Haru Saat Jokowi Dihampiri Bocah Kecil Korba... Banyak cerita yang bisa kita ambil dari bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala yang terjadi satu pekan yang lalu. Dan salah satunya adalah k...