Wednesday, September 30Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Kesiap Siagaan Menghadapi Gempa Bumi

Tips Kesiap Siagaan Menghadapi Gempa Bumi

Bencana alam yang terjadi belakangan ini sedang melanda Indonesia seperti Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah juga gempa bumi di Sumba serta Erupsi gunung Soputan di Maluku Utara merupakan beberapa contoh dari bencana alam yang sedang melanda negeri tercinta kita ini. Salah satu yang harus diketahui oleh para masyarakat yang ada di wilayah bencana tentunya adalah cara menghadapi bencana yang telah terjadi ini.

Namun kita juga tahu bahwa bencana alam tidak selalu bisa diprediksi sebelumnya. Oleh sebab itu bencana alam seringkali menelan banyak korban jiwa. Yang harus kita lakukan saat ada awal bencana adalah berusaha agar tidak panik dan berikut akan kami jelaskan beberapa tips yang harus kita persiapkan saat ada gempa bumi yang melanda.

Yang pertama yang bisa dilakukan saat gempa bumi melanda adalah berlindung. Caranya misalkan bisa menjauh jendela atau pintu dan sesegera mungkin berlindung di kolong benda yang kuat seperti meja atau yang lainnya yang tidak mungkin amblas saat tertimpa benda di atasnya. Yang selanjutnya bila anda berada di dalam gedung bertingkat, sebaiknya anda keluar gedung dengan menggunakan tangga darurat, dan yang harus diingat adalah jangan keluar menggunakan lift saat terjadi gempa bumi.

Jika kita sedang mengemudi sebaiknya anda berhenti lalu menjauh dari jembatan, pepohonan hingga terowongan dan berlindunglah jika bisa di tempat yang luas dan lapang sehingga tidak ada kemungkinan anda akan tertimpa bangunan yang runtuh karena gempa bumi. Yang berada atau bermukim di pegunungan, silahkan anda menjauhi lereng atau tepian gunung atau bukit. Waspadalah terhadap reruntuhan batu dan juga tanah longsor yang bisa terjadi saat ada gempa bumi. Dan jika anda tinggal di pantai atau berada di pantai, maka menjauhlah dari bibir pantai dan pindah ke dataran tinggi guna menghindari potensi terjadinya gelombang tsunami yang sering hadir saat ada gempa dengan kekuatan di atas 7,0 SR.

Dan yang harus dan jangan sampai lupa kita lakukan saat terjadi bencana adalah meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya pada Dialah kita dapat berharap dan meminta pertolongan akan musibah yang sedang terjadi sekarang ini.