Wednesday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Tips Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Datangnya bulan Ramadan, sudah pasti akan menjalankan ibadah puasa. Ini memang ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik, karena Anda harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu selama 30 hari penuh.

Padahal tubuh mengandung 80 persen air, jika kurang konsumsi setiap harinya maka kulit akan terasa kering dan bisa mengakibat dehidrasi. Padahal tidak bisa minum saat berpuasa, hal ini membuat bibir menjadi kering dan terkelupas.

Ini akan sangat terlihat pada wanita yag menggunakan pemoles bibir, karena terlihat pecah dan tidak merata. Bagaimana cara mengatasi agar bibir tidak kering saat berpuasa? Maka harus jaga konsumsi air secara cukup.

Dalam sehari kita membutuhkan 8 hingga 10 gelar air atau setara dengan 2 liter air, sehingga bisa membuat tubuh terlihat segar dan bibir tidak pecah pecah. Bagaimana saat berpuasa, tetap bisa konsumsi air putih dalam jumlah cukup, bisa juga ditambahkan konsumsi sayur bening tanpa santan dan Anda tetap menyantap kuahnya.

Ada juga dengan tambahan buah berair, sehingga tetap bisa menjaga kondisi tubuh tetap fit dan fresh. Bibir juga tidak lagi pecah-pecah, namun ada minuman yang memang disarankan tidak di konsumsi saat berpuasa. Seperti soda yang akan membuat terasa haus dan lapar lebih cepat, selain itu minuman berkafein tinggi yang akan membuat bibir menjadi lebih cepat kering.

Baca juga: Bad Mood Kerja di Kantor Saat Puasa? Lakukan Hal Kecil Ini !

Namun ada juga wanita yang tetap mengalami bibir kering, sekalipun banyak konsumsi air putih, sayur dan buah. Hal ini karena bibir menjadi bagian kulit yang cukup sensitif, ada solusi tepat, sehat dan aman dilakukan di bulan Ramadan.

Beberapa dokter kecantikan kulit menyarankan penggunaan lip balm, hampir sama seperti lipstik namun biasanya tidak berwarna. Karena fungsi utama untuk melembabkan bibir, ini bahkan cocok untuk dasar sebelum penggunaan lipstik agar tidak mudah hilang.

Lip balm juga bisa membahasi bibir dengan sehat, ini akan membuat bibir terasa lebih nyaman dan tidak sakit ketika tergigit. Jika Anda masih membahasi bibir dengan air ludah, ini hal yang salah dan membuat bibir semakin kering. Pasalnya air ludah akan membuat bibir semakin pecah-pecah, bukan itu saja menggunakan air ludah selama bulan puasa tidak disarankan.

Penggunaan lip balm selama berpuasa, oleskan pada bagian luar bibir yang kering saja, hindari bagian dalam bibir. Ini hanya akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan dan membuat bibir tidak kering dan mengelupas pada bagian kulit luarnya. Selain itu, pilih lip blam yang plain atau tanpa rasa, sehingga tidak tergigit tidak akan membatalkan puasa.

2 Comments

Comments are closed.