Saturday, August 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Atas Pemborosan Selama Bulan Ramadan

Tips Atas Pemborosan Selama Bulan Ramadan

Datangnya bulan suci Ramadan memang sudah dinantikan semua umat muslim di dunia, bulan yang penuh rahmat ini seluruh kebaikan di lipat gandakan dan manusia akan terhindar dari dosa, karena setan di belenggu.

Bulan Ramadan juga jadi waktu yang paling tepat untuk berkumpul keluarga, teman dekat bahkan kerabat jauh, apalagi menjelang Idul Fitri. Ada satu lagi keuntungan di bulan Ramadan, nantinya Anda akan mendapatkan tambahan gaji dengan nominal cukup besar yaitu Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan diberikan beberapa hari menjelang lebaran.

Namun ini ternyata membuat kita semua menjadi lebih boros, bahkan mengeluarkan di bulan Ramadan menjadi lebih banyak. Bukan untuk kegiatan sosial, malahan kegiatan menghamburkan uang dan tidak disukai oleh Allah.

3 Tips Singkat Atasi Pemborosan Di Bulan Puasa

1. Undangan Buka Puasa Bersama

Ini akan jadi agenda yang tidak bisa dilewatkan, bahkan sudah membuat jadwal mulai dari hari pertama puasa. Kegiatan buka puasa bersama memang menyenangkan, namun lihat dahulu dimana manfaat dan pemborosan yang terjadi.

Buka puasa hakekatnya adalah menunggu waktu buka bersama dan menyantap makanan, namun sekarang ini trend buka puasa bersama adalah mendatangi satu restoran atau kafe. Ini tentu pemborosan, karena harga makanan menjadi lebih mahal.

Baca juga: Tips Puasa – Berbuka Dengan Gorengan? Ikuti Tips Sehatnya

Kenapa tidak membuat undangan buka puasa ke salah satu rumah teman, membawa makanan dalam jumlah lebih dan memakan bersama dengan saudara dan teman. Ini akan jadi ajang reuni dan ketemu kembali lebih intim tanpa harus menghamburkan uang, bahkan momen yang tak terlupakan saat menyiapkan buka puasa bersama.

2. Baju Baru di Hari Raya

Sebuah kebiasaan yang tidak hilang hingga sekarang, bahkan bukan anak kecil saja namun orang dewasa juga membuat agenda untuk beli baju baru yang akan digunakan di hari raya. Padahal masih banyak pakaian di lemari dan masih layak digunakan untuk berlebaran, jika memang ingin beli baju baru sebaiknya dalam jumlah cukup dan budget yang Anda tentukan. Biasanya harga baju akan meningkat dan modelnya tidak lebih menarik dan beberapa bulan lalu.

3. Tiket Mudik Melambung Tinggi

Mudik merupakan kebiasaan yang tidak bisa dihilangkan di Indonesia, bahkan mayoritas orang di kota besar merupakan pendatang. Dimana akan kembali ke kampung halaman saat lebaran tiba, karena waktu yang sama sudah pasti moda transportasi akan penuh, ini membuat harga tiket melambung tinggi.

Cara mengatasinya, kenapa tidak pesan tiket dari jauh hari. Tanggal liburan untuk pegawai negeri dan swasta sudah pasti ditentukan sebelum puasa. Sehingga Anda bisa memesan tiket tanpa harus mendapatkan harga tinggi.

Jika memang budget tidak cukup, jangan gunakan moda transportasi terlalu bagus. Misalkan, biasanya pulang kampung dengan pesawat, kenapa tidak mencoba untuk naik kereta atau bus. Sekarang moda transportasi sudah semakin bagus, bahkan setiap kelasnya memberikan pelayanan yang berbeda.

Jangan sampai di bulan yang penuh rahmat ini, Anda harus melakukan tindakan yang tidak disukai Allah yaitu pemborosan. Tetap hidup hemat dan menyisakan sebagian uang untuk di tabung dan diberikan pada orang yang membutuhkan. Ini akan membuat bulan Ramadan semakin berkah dan mendatangkan banyak faedah di bulan selanjutnya.

One Comment

Comments are closed.