Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tips Anti Lemas Beraktivitas Sehari Hari Selama Bulan Puasa

Tips Anti Lemas Beraktivitas Sehari Hari Selama Bulan Puasa

Semua umat muslim akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, selama 30 hari penuh menahan lapar, haus dan hawa nafsu. Banyak yang mengeluh lemas karena harus menjalankan kegiatan sehari-hari seperti biasa.

Jangan buat puasa menjadi kendala dan beban, ini hanya akan membuat lemas dan tidak bertenaga. Apalagi setelah melewati jam 12 siang, banyak yang mengalami serangan kantuk dan sudah tidak lagi bersemangat untuk bekerja. Padahal jam kerja sudah di pangkas dan bisa pulang kantor lebih cepat.

Untuk mengatasi lemas yang terjadi di siang hari, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Ini akan sangat membantu, apalagi jika Anda akan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dengan intensitas tinggi dan berada di bawah sinar matahari secara langsung.

4 Tips Anti Lemas Selama Bulan Puasa Agar Bisa Beraktivitas Seperti Biasa

1. Jam Tidur Cukup

Normalnya Anda akan tidur 7 hingga 8 jam, namun saat puasa akan ada pemotongan jam tidur sehingga membuat beberapa orang tidak terbiasa. Banyak yang merasakan kantuk, padahal sudah tidur setelah sahur, inilah adalah pola tidur yang salah.

Artikel Terkait: Menu Makanan Sehat Anjuran Untuk Sahur

Selama bulan puasa, jangan tidur di siang hari karena akan membuat tubuh semakin lemas. Mulai tidur setelah tarawih, biasanya akan selesai pukul 8 malam. Nanti bangun jam 3 dini hari untuk melakukan sahur, setelah itu lakukan olahraga ringan dan jangan tidur lagi. Maka akan lebih fresh dan segar memulai hari.

2. Perbanyak Air Putih dan Kurangi kopi

Mayoritas masyarakat Indonesia akan konsumsi teh atau kopi di pagi hari, saat puasa hal ini tidak bisa dilakukan. Karena terasa aneh minim kopi saat sahur, apalagi setelah makan dan perut dalam kondisi kenyang.

Ternyata selama berpuasa, lebih baik kurangi konsumsi kafein. Karena memiliki sifat diuretik yaitu menyebabkan kekurangan cairan tubuh. Dianjurkan banyak minum air putih, ini untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, kurangi konsumsi soda karena bisa membuat Anda gampang haus.

3. Rubah Pola Makan

Karena puasa harus menjaga lapar dan haus dari subuh hingga magrib, maka harus menjaga pola makanan atau memilih menu makan yang tepat. Jangan asal kenyang saat berbuka dan sahur, ini akan merusak kondisi badan dan memengaruhi kekebalan tubuh.

Ada baiknya memilih menu makanan rendah lemak dan berserat tinggi, seperti sayuran dan buah. Rasa manis alami dalam buah, bisa mengembalikan energi dengan cepat. Ini disarankan sebagai menu berbuka puasa agar tubuh tidak lemas terlalu lama.

4. Jalankan Aktivitas Seperti Biasa

Puasa tidak menjadi halangan untuk meraih mimpi dan keinginan, apalagi jika Anda bekerja berdasarkan target. Bulan penuh rahmat ini akan memberikan Anda kemudahan asalkan mau bekerja keras, memang akan terasa lemas namun jika berativitas maka tidak akan terasa dan bisa menjalankan ibadah seperti orang dewasa lainnya.

Namun berikan batasan, jangan bekerja terlalu keras apalagi jika berada di luar ruangan. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari pada siang hari, ini akan memicu dehidrasi dan tubuh menjadi lebih lemah.

Menjalankan puasa memberikan Anda kesehatan lebih, pasalnya pola hidup dan makan menjadi lebih teratur. Waktu istirahat juga lebih banyak karena Anda akan mengurangi jam lembur di kantor, lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dan mendekatkan diri pada Tuhan.

One Comment

Comments are closed.