Monday, September 28Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tiga Faktor Ini yang Membuat Anda Bisa Bergabung dengan Alibaba Group

Tiga Faktor Ini yang Membuat Anda Bisa Bergabung Dengan Alibaba Group

Jack Ma lagi-lagi terus bikin sensasi dan takjub dengan caranya untuk menjadi pengusaha sukses. Bukan Cuma caranya menjadi penngusaha namun keahliannya dalam merekrut karyawan juga banyak diperbincangkan oleh banyak orang karena kriteria yang dibutuhkan tidak seperti saat kita melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan atau kantor biasa.

Sudah cukuplah kita membahas kehadiran Jack Ma saat bertemu Jokowi serta saat menghadiri closing ceremony Asian Games beberapa waktu lalu. Lebih baik kini kita membahas pribadinya yang unik dan kali ini adalah keunikan dalam mencari karyawan yang cocok untuk bekerja bersamanya di Alibaba ataupun bidang usaha lain miliknya.

Yang mengejutkan Jack Ma mengatakan ia lebih suka untuk merekrut karyawan yang tidak berprestasi dan tidak pintar untuk bekerja di bawahnya. Ia menyebutkan ia tidak suka alias tidak tertarik dengan para lulusan yang memiliki gelar bisnis di belakangnya. Mempelajari bisnis itu tidak penting kaarena gelar MBA itu tidak berguna untuknya kecuai setelah mereka lulus lalu mereka lupa akan apa yang mereka pelajari dan barulah mereka akan menjadi berguna, ujarnya dalam buku berjudul Alibaba : The house that Jack Ma built, karya dari Duncan Clark.

Menurut Jack Ma karyawan yang berpendidikan tinggi dan memiliki pengalaman kerja menterang tidak pernah masuk kriteria karyawan yang akan bekerja bersamanya. Ia lebih suka mempekerjakan orang yang memiliki etika, kerja kuat dan bijaksana. Jack Ma berkata yang diajarkan sekolah hanyalah ilmu pengetahuan, sedangkan menjalankan bisnis memerlukan kebijaksanaan dan kebijaksanaan perlu didapatkan melalui pengalaman dan ilmu pengetahuan diperoleh dari kerja keras.

Pernah suatu ketiak ada orang yang berpendidikan tinggi bekerja di Alibaba dan perusahaan menjadi stagnan karena orang pintar dan berpendidikan tinggi  biasanya mudah frustasi dengan budaya kerja disini ujar Lucy Peng, Manajer HRD Alibaba. Lalu akhirnya Peng merekrut calon pekerja dengan tiga syarat dasar yaitu kesehatan yang baik, hati yang baik dan pikiran yang baik.

Sebagaimana telah kita ketahui, Jack Ma mengawali bisnisnya ini dengan kesulitan yang luar biasa. Namun dengan etos kerja yang baik dan sifat tidak pantang menyerahnya, sekarang uang hanyalah lembaran kertas bagi Jack Ma.

One Comment

Comments are closed.