Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tidur Malam Hari Dapat Turunkan Berat Badan, Berapa Waktu Idealnya?

Tidur malam memang dibutuhkan tubuh, ini waktunya istirahat total. Namun kini banyak anak muda mengabaikan hal tersebut, terlalu sering tidur di tengah malam akan membuat tubuh kehilangan keseimbangan. Hal ini membuat Anda kehilangan fokus, menurun daya ingat bahkan mengalami gejala penyakit kronis lainnya.

Selain untuk istirahat tubuh secara total, tidur malam juga bisa menurun berat badan, asalkan bisa memenuhi waktu idealnya. Jika normalnya orang dewasa akan tidur 5 hingga 6 jam setiap harinya, namun jika Anda ingin menurunkan berat badan tanpa kontrol makanan dan olahraga terus menerus, cobalah tidur hingga 8,5 setiap harinya.

Ini bukan hanya dari pengalaman pribadi saja, namun berdasarkan penelitian yang dikemukakan dalam Annals of Internal Medicine, dimana telah membuktikan jika tidur malam dapat menurunkan berat badan, namun harus memenuhi waktu ideal tertentu. Dimana Anda harus tidur minimal 8,5 jam setiap malam, ini akan menurunkan secara bertahap lingkar pinggang.

Apakah ini bisa terjadi? Cobalah untuk membuktikan dalam dua minggu, secara berturut-turut tidur lebih awal, maka hasilnya akan terlihat, namun dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan sesuai jam normal. Ini akan membuat lingkar pinggang akan mengalami pengurangan, angkanya memang kecil namun jika dilakukan setiap harinya, Anda akan melihat sendiri khasiatnya.

Dimana telah dilakukan penelitian dalam dua kelompok berbeda, laki-laki dan perempuan. Hal ini guna uji coba dalam program diet kalori dengan mengendalikan waktu tidur setiap malam. Jika waktu tidur malam minimal 8,5 jam maka akan terjadi pengurangan berat badan hingga 3 kilogram, bahkan lebih. Ini tentu akan sangat menguntungkan, padahal sebelumnya berkembang rumor jika tidur terlalu lama akan membuat Anda menjadi gemuk karena tidak melakukan aktivitas apapun.

Baca juga : Tips Tidur Nyenyak Meskipun Suhu Tengah Panas Dan Membuat Gerah

Mengapa bisa demikian? Saat Anda tidur akan terjadi metabolisme tubuh lebih cepat, ini akan mengembalikan kesegaran tubuh. Selain itu, lemak yang ada dalam tubuh lebih mudah dirubah menjadi energi, bagaimana bisa mengeluarkan energi jika hanya tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun. Ini akan dirubah sebagai energi untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak, membantu mengembalikan fungsi organ penting dan membuat tubuh menjadi lebih segar.

Jika kini Anda sudah menerapkan tidur malam 5,5 jam, ada baiknya menambah waktu istirahat di malam hari menjadi 8,5 jam. Pasalnya khasiat yang akan dirasakan tubuh menjadi dua kali lipat, sehingga setiap tidur Anda akan mengalami berat badan lebih banyak. Jika dalam dua pekan sebelumnya bisa menurunkan 3 kilogram, maka jika menambah jam tidur bisa mencapai 6 kilogram. Padahal tanpa melakukan pengendalian apapun dan tetap beraktivitas seperti biasanya.

Hal ini tentu membuktikan, jika tubuh tetap membutuhkan istirahat secara total dan tidak terganggu oleh apapun, gadget sekalipun. Untuk mendapatkan tidur malam berkualitas, ada baiknya membuat ruangan yang nyaman dan suhu cukup hangat, ini akan membuat Anda bisa bangun lebih segar. Selain itu, proses regenerasi dalam tubuh bisa terjadi lebih maksimal dan tubuh siap untuk memulai hari.

Related Post

Cokelat dan Wine, Makanan Enak Untuk Program Diet Cokelat dan wine banyak menjadi tersangka yang menyebabkan kenaikan berat badan, ini adalah anggapan yang salah. Baru-baru ini ditemukan satu program ...
Manfaat Tidur Siang Saat Berpuasa Di Bulan Ramadan Bulan Ramadan sudah pasti semua umat muslim akan menjalankan ibadah puasa, namun hal ini tentu tidak akan menghentikan segala aktivitas harian. Semu...
Pengeluaran Besar Karena Sifat Boros, Temukan Pemi... Pengeluaran besar dari pada pendapatan bukan lagi masalah baru untuk wanita, apalagi jika Anda memiliki hobi belanja untuk menghilangkan rasa stres da...
Warteg Dengan Konsep Franchise Pertama di Indonesi... Siapa sih yang tidak tahu warteg alias warung tegal. Khususnya anak kos apa lagi yang tinggal di jakarta pasti tahu tempat makan murah meriah ini. N...