Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ternyata Segini Kapasitas Uang Yang Ada Dalam Mesin ATM

Ternyata Segini Kapasitas Uang Yang Ada Dalam Mesin ATM

Hampir semua orang pernah melakukan transaksi lewat ATM. Biasanya kita menggunakan mesin ATM untuk tarik tunai,  transfer uang ataupun membayar segala macam tagihan. Dengan adanya mesin ATM kita jadi lebih mudah untuk melakukan transaksi jual beli atau membayar tagihan. Selama ini kita hanya memperhatikan ada berapa saldo yang tersimpan di rekening,  tapi apakah kalian pernah merasa penasaran, berapakah kapasitas uang di dalam mesin ATM?

Apa Sih ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Itu?

ATM yang dalam bahasa Indonesia adalah Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine. ATM adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk bisa mengambil uang dan mengecek rekening tabungan. Dimana aktivitas itu tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia karena memiliki kapasitas untuk menyimpan uang di dalamnya.

Banyak ATM yang juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli pulsa telepon seluler. ATM juga sering ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis. Misalnya seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, stasiun kereta api, terminal bus, pasar swalayan dan kantor-kantor bank itu sendiri.

 Penggunaan mesin ATM

Penggunaan mesin ATM dengan menggunakan mesin ATM, nasabah dapat mengakses rekening bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, dan memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar. Jika mata uang yang telah ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata uang. Sebagai contoh : Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang tersebut akan diubah satuan mata uangnya sesuai nilai tukar saat itu.

Dengan demikian, ATM dapat dimanfaatkan untuk transaksi pertukaran uang bagi wisatawan asing Meskipun ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai tempat mengambil uang tunai, alat ini telah berkembang untuk memasukkan banyak produk perbankan lainnya yang terkait seperti: Mencetak rekening koran, memperbarui buku tabungan, membayar tagihan rutin seperti [ Tagihan rumah tangga (televisi kabel, PAM, telepon dan listrik), tagihan sekolah/universitas, asuransi, pajak, memperoleh pinjaman cepat, memproses cek, membayar (secara penuh/sebagian) saldo pada kartu kredit terkait dengan rekening tertentu, mentransfer uang antar rekening terkait (seperti transfer antar rekening tabungan), baik dari satu bank maupun dua bank berbeda yang berhubungan satu sama lain, jika tersedia, pengakuan deposito, penerimaan, dan peredaran uang.

Berapakah Kapasitas Uang di Dalam Mesin ATM?

Kapasitas uang di mesin ATM. Besarnya uang yang diletakkan di mesin ATM biasanya tergantung kebijakan masing – masing bank,  ketersediaan dana dan juga kapasitas mesin ATM. Uang yang tersedia atau berada di dalam kapasitas mesin ATM biasanya berkisar antara Rp. 600 – 700 jutaan.  Tetapi jarang pihak bank mengisi mesin ATM dengan jumlah maksimal.

Di hari – hari biasa, pihak bank biasanya mengisi uang ke dalam kapasitas mesin ATM dengan jumlah sekitar Rp.  350 – 400 Juta.  Mesin ATM diisi dengan jumlah mendekati maksimal apabila menjelang hari besar, seperti hari Raya Idul Fitri. Karena biasanya pada perayaan hari besar transaksi masyarakat dengan mesin ATM akan meningkat.

 Tips Menggunakan Mesin ATM

Mesin ATM disarankan digunakan dalam keadaan darurat.  Maka dari itu untuk menjaga jumlah kapasitas uang di dalam mesin ATM agar tidak habis, dalam kondisi tidak darurat masyarakat disarankan untuk mengambil uang di teller bank yang bersangkutan. Pilih mesin ATM yang memang sesuai dengan kartu ATM. Misalkan kalau kartu ATMnya adalah BRI maka gunakan mesin ATM BRI. Karena jika kita menggunakan mesin ATM yang non BRI maka biaya administrasinya lumayan besar. Kira-kira bisa mencapai Rp.5000 bahkan lebih per transaksi.

Selain itu untuk di atas 5 juta hingga maksimal 10 juta maka gunakan kartu ATM jenis Gold atau Platinum. Pilih transaksi di mesin ATM dengan uang pecahan 100 ribu jika transaksinya besar, karena biasanya bisa mencapai 2.5 juta sekali tarik sedangkan pecahan 50 ribu hanya bisa 1.25 juta sekali tarik. Jadi kalau mau tarik 10 juta maka kita cukup 4 kali tarik saja jika menggunakan pecahan 100 ribu sehingga kartu ATM tidak cepat rusak.

Jangan sampai lupa memasukan PIN ketika melakukan aktivitas di mesin ATM, karena kesalahan memasukkan PIN sebanyak dua kali berturut-turut biasanya kartu ATM akan langsung terblokir. Segera ambil kartu ATM apabila memang sudah dikeluarkan oleh mesin karena kalau dibiarkan maka kartu ATM bisa tertelan oleh mesin (masuk ke dalam mesin).