Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ternyata Makanan-makanan Ini Bisa Menyebabkan Tidur Mendengkur

Ternyata Makanan-makanan Ini Bisa Menyebabkan Tidur Mendengkur

Mendengkur atau yang akrab disebut ngorok dianggap sebagai gangguan tidur. Ini karena, suara yang ditimbulkan kerap mengganggu pasangan atau teman sekamar. Mendengkur terjadi karena kamu tidak bisa mengeluarkan udara secara bebas melalui tenggorokan dan hidung. Hal inilah yang kemudian membuat jaringan di sekitar jalur pernapasan bergetar, sehingga menghasilkan suara ngorok yang mengganggu.

Tak hanya itu saja, mendengkur juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini. Misalnya obesitas, diet, masalah mulut, kurang tidur hingga sleep apnea. Selain beberapa faktor tersebut, makanan juga bisa menjadi faktor lain yang bisa menyebabkan kamu mendengkur saat tidur. Apa saja makanan yang bisa menyebabkan mendengkur? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Gandum

Gandum merupakan salah satu jenis biji-bijian yang sering dijadikan bahan baku untuk membuat pasta, mi, hingga roti. Meski memiliki beragam manfaat bagi tubuh, ternyata mengonsumsi olahan gandum atau tepung gandum sebelum tidur bisa menyebabkan kamu mendengkur.

Menurut beberapa penelitian, tepung gandum bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan molekul (menjadi penyebab produksi lendir berlebih). Selanjutnya, ia juga bisa membatasi saluran hidung yang pada akhirnya menyebabkan kamu mendengkur saat tidur.

  1. Gula

Kita semua tahu kalau gula tidak baik untuk kesehatan. Ia juga bisa menjadi salah satu penyebab kamu ngorok saat tidur.

Para ahli menyebut, gula bisa meningkatkan produksi dahak secara alami dan membatasi saluran hidung. Lebih lanjut, menurut para ahli, gula bisa meningkatkan sitokin yang mengarah pada peradangan. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi produk makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih saat tidur.

  1. Susu

Banyak orang bilang, susu adalah minuman yang bisa membuat tidur lelap. Meski begitu, minuman ini ternyata juga bisa menyebabkan kamu mendengkur saat tidur. Para ahli menyebut, mengonsumsi susu sebelum tidur bisa meningkatkan produksi lendir dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan kamu mendengkur.

  1. Daging merah

Mengonsumsi daging merah sebelum tidur juga bisa menyebabkan kamu ngorok saat tidur. Daging merah seperti daging sapi dan juga daging kambing biasanya tinggi lemak jenuh. Terutama, jika kamu mengambil bagian daging yang mengandung banyak lemak; seperti rib eye, sirloin, dan T-bone. Selain tinggi lemak jenuh, daging merah juga mengandung protein yang menyebabkan peradangan dan peningkatan kadar lemak jenuh (yang selanjutnya menjadi penyebab ngorok).

  1. Alkohol

Sama seperti susu, banyak sekali mitos yang beredar bahwa alkohol bisa membantu menenangkan saraf dan meningkatkan kualitas tidur. Padahal sebenarnya, mengonsumsi alkohol sebelum tidur bisa memengaruhi kesehatan otot (penyebab ngorok). Jika kamu mengalami kondisi kesehatan itu, hindarilah mengonsumsi alkohol sebelum tidur.