Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ternyata Makanan Ini Bisa Bikin Orang Jadi Awet Muda

Ternyata Makanan Ini Bisa Bikin Orang Jadi Awet Muda

Kolagen berperan untuk membuat kulit terlihat awet muda, kenyal, dan bebas keriput. Tapi sayangnya, seiring bertambahnya usia produksi kolagen pada manusia akan menurun, dan menyebabkan kulit kendur, hingga timbulnya kerutan.

Agar jumlah kolagen tetap terjaga, kamu bisa mendapatkannya melalui makanan hingga suplemen. Berikut ini, kumparan rangkumkan lima makanan yang bisa memproduksi kolagen sehingga membuat wajah tampak awet muda. Apa saja?

  1. Ayam

Sadarkah kamu bahwa banyak sekali suplemen kolagen yang berbahan ayam? Ini karena ayam memiliki jaringan ikat yang menjadi sumber kolagen. Penelitian yang diterbitkan dalam Dovepress, menyebut bagian leher ayam dan tulang ayam, menjadi sumber kolagen untuk perawatan radang sendi.

  1. Ikan dan kerang

Ikan dan kerang memiliki tulang serta ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa pihak bahkan mengklaim, kolagen tersebut adalah salah satu yang paling mudah diserap. Studi yang diterbitkan dalam Oxid Med Cell Longev, menyebut kepala, sisik, hingga bola mata ikan merupakan bagian yang paling tinggi kandungan kolagennya. Sedangkan, bagian daging justru mengandung lebih sedikit kolagen.

  1. Putih telur

Meski tidak memiliki jaringan ikat (seperti produk hewani lain), putih telur ternyata mengandung sejumlah prolin atau asam amino yang bisa memproduksi kolagen. Kamu bisa mengolah putih telur jadi makanan sehat, seperti scrambled egg.

  1. Jeruk

Siapa sangka, buah berwarna cerah ini ternyata bisa menghasilkan molekul mini yang disebut pro kolagen. Kandungan ini terbentuk dari banyaknya vitamin C yang ada di dalam jeruk. Tak hanya jeruk, beberapa jenis buah sitrus; seperti grapefruit, lemon, hingga limau juga kaya akan vitamin C. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan ini setiap hari agar wajah awet muda dan berseri.

  1. Bawang putih

Tak sekadar jadi penambah rasa dan aroma, bawang putih ternyata bisa meningkatkan produksi kolagen. Bahkan menurut sebuah studi, bawang putih kaya akan sulfur atau unsur kimia yang bisa mencegah kerusakan kolagen.

Ternyata Dengan Makanan-makanan yang mudah kita dapatkan, kita bisa jadi lebih awet muda. Jadi makanan apa saja yang bisa bikin kamu awet muda, yang paling sering kalian konsumsi?