Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ternyata Ini Manfaat Sesungguhnya Dari Minum Susu Kuda Liar

Ternyata Ini Manfaat Sesungguhnya Dari Minum Susu Kuda Liar

Pernah mendengar susu kuda liar? Berbagai anggapan muncul tentang jenis susu ini, salah satunya bisa menambah keperkasaan laki-laki saat berhubungan seksual. Di Indonesia salah satu daerah yang terkenal menghasilkan produk susu kuda liar adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di sana susu yang kini dikenal dengan sebutan susu kuda sumbawa itu bahkan menjadi oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Tak hanya dianggap bisa meningkatkan stamina saat berhubungan seksual, ternyata susu kuda liar juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Bahkan, sejak ribuan tahun lalu susu ini dianggap sebagai alternatif minuman menyehatkan selain susu sapi. Lalu, manfaat kesehatan apa saja yang ditawarkan susu kuda liar? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat susu kuda liar pertama adalah membantu menyembuhkan beragam masalah pada sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan, kandungan lysozyme dan lactoferrin yang ada di dalam susu kuda liar bisa membatasi dan menahan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan usus.

Untuk diketahui, lysozyme adalah enzim yang bertindak sebagai antimikroba. Sedangkan laktoferrin merupakan zat yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan dan antiperadangan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kedua kandungan tersebut, kabarnya bertindak sebagai probiotik karena bisa mempromosikan pertumbuhan bakteri baik; seperti lactobacillus plantarum, dan lactobacillus salivarius.

  1. Merawat kesehatan kulit

Tak hanya baik untuk pencernaan, susu kuda liar juga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan laktoferrin yang ada di dalamnya ternyata berkhasiat sebagai pelembap alami yang bisa membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini.

Selain itu, kandungan antibakteri yang ada di dalam susu kuda liar juga bermanfaat dalam mencegah timbulnya jerawat. Bahkan, beberapa penelitian menyebut susu kuda liar bisa membantu penyembuhan beberapa masalah kulit; seperti eczema, psoriasis, atau neurodermatitis.

  1. Menurunkan kolesterol

Susu kuda liar mengandung asam lemak tak jenuh; seperti asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua kandungan ini ternyata bisa menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Karena itu, rajinlah mengkonsumsi susu kuda liar untuk menurunkan kadar lemak LDL yang bisa memicu terjadinya penyakit kardiovaskular. Seperti stroke hingga penyakit jantung.

  1. Menjaga berat badan

Susu kuda liar mengandung jumlah kalori yang lebih sedikit ketimbang susu sapi. Menurut data, susu kuda liar (100 gram) mengandung 44 kalori. Jumlah ini tentunya lebih kecil dibanding susu sapi (100 gram) yang mengandung sekitar 64 kalori. Karena rendah kalori itulah, susu kuda liar sering dianggap tidak akan membuat badan cepat gemuk.

  1. Bagus untuk mereka yang alergi susu sapi

Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih sedikit dibanding susu sapi. Untuk itulah, susu kuda liar mudah dicerna ketimbang jenis susu lainnya. Meski mengandung jumlah protein kasein yang lebih sedikit, kualitas protein susu kuda liar ternyata lebih baik dibandingkan susu sapi. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu sapi.