Wednesday, April 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ternyata ASI Juga Bermanfaat Untuk Hal Ini Selain Untuk Bayi

Ternyata ASI Juga Bermanfaat Untuk Hal Ini Selain Untuk Bayi

ASI adalah makanan pokok bayi untuk menjamin tumbuh kembangnya. Dilihat dari sisi kandungan gizinya, ada yang berpendapat bahwa karena ASI bisa dijadikan minuman energi untuk membangkitkan stamina. Dikutip dari hellosehat.com, ASI dilaporkan mengandung senyawa bernama HAMLET (Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour Cells) yang dapat membunuh sel-sel kanker

Setelah senyawa ini diekstrak dari ASI dan lalu disuntikkan ke dalam tubuh pasien kanker, dalam beberapa hari setelah penyuntikkan sel kanker tampak mati dan terbuang lewat urin. Menurut International Journal of Cancer, bagi ibu manfaat pemberian HAMLET yang terkandung dalam ASI juga dapat melindungi ibu dari beberapa jenis kanker seperti kanker rahim dan kanker ovarium.

Manfaat-ASI-bagi-pria-dewasa

Meski ini merupakan temuan yang tergolong baru, nyatanya ASI telah diyakini mampu mengobati penyakit seganas kanker. Namun efektivitasnya belum benar-benar terbukti. Seorang peneliti asal Swedia berencana melakukan uji coba untuk membandingkan antara manfaat HAMLET dengan plasebo terhadap pasien kanker. Sebab mereka meyakini senyawa tersebut juga akan berpotensi menyembuhkan jenis kanker lain seperti kanker usus dan serviks.

Belum bisa diproduksi

Kendati demikian, perjalanan untuk memperoleh obat untuk menyembuhkan kanker dari protein yang terkandung dalam air susu ibu masih panjang. Svanborg sendiri menyadari hal tersebut. Ilmuwan senior dari Cancer Research UK, Dr Justine Alford mengatakan bahwa riset ini tidak menunjukkan bukti apapun bahwa air susu ibu dapat memerangi kanker. Penelitian ini juga hanya menunjukkan bahwa obat ini aman bagi manusia.

Lebih lanjut Dr Alford menambahkan bahwa membutuhkan waktu yang lama sampai akhirnya obat kanker baru dapat ditemukan. Dan harus melalui pengujian yang sangat ketat untuk memastikan keamanan obat tersebut dan manfaatnya bagi manusia.

Usaha pantang menyerah

Oleh karena itu selama 20 tahun terakhir ini, Svanborg berusaha membuktikan bahwa anggapan mereka sudah salah. Dia bersama dengan tim ilmuwannya menguji protein Hamlet pada hewan dan manusia. Ternyata hasilnya menunjukkan Hamlet bisa membunuh lebih dari 40 sel kanker tanpa merusak sel baik yang dibutuhkan tubuh.

air-susu

Meski temuan ini tergolong baru, nyatanya ASI telah lama diyakini mampu mengobati penyakit seganas kanker. Salah satunya dilakukan oleh wanita ini. Ia memberikan ASI-nya kepada sang ayah yang mengidap kanker.

RelatedPost