Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tempat Paling Kotor Di Bandara yang Perlu Diwaspadai

Tempat Paling Kotor Di Bandara yang Perlu Diwaspadai

Selain menjadi teman perjalanan, bandara juga bisa menjadi ‘musuh’ yang berbahaya bagi wisatawan. Sebab, ada beberapa tempat di bandara dianggap paling banyak dihuni kuman dan bakteri.

Bahkan, menurut peneliti di bagian Pencegahan Infeksi Universitas Minesota, Dr Alison Gladys, bandara bisa menjadi tempat penyebaran virus yang berbahaya. Dilansir Express, berikut kumparan rangkum lima tempat yang dianggap paling kotor di bandara.

  1. Konter Check-in Mandiri

Tempat pertama yang dianggap menjadi tempat paling kotor di bandara adalah konter check-in mandiri. Di tempat ini ada sekitar 253 ribu CFU (unit pembentuk koloni per inci persegi). Faktanya, bahkan ada satu konter check-in mandiri yang tercatat memiliki lebih dari satu juta CFU. Bagian yang paling banyak terpapar kuman dan bakteri di bagian konter chek-in mandiri terletak pada layarnya yang paling banyak disentuh oleh wisatawan.

  1. Bangku di Ruang Tunggu Keberangkatan

Bangku di ruang tunggu keberangkatan bandara tentu menjadi tempat paling asyik untuk menunggu waktu keberangkatan pesawatmu. Tetapi, mungkin kini kamu akan berpikir dua kali untuk duduk di bangku ruang tunggu keberangkatan bandara. Sebab, selain konter check-in mandiri, bangku yang ada di ruang tunggu keberangkatan dianggap menjadi tempat yang dipenuhi oleh kuman dan bakteri.

Menurut para peneliti, setidaknya ada sekitar 21 ribu CFU di bangku-bangku yang terletak di ruang tunggu keberangkatan. Sandaran tangan menjadi tempat paling kotor dan paling banyak dipenuhi kuman dan bakteri. Hal ini disebabkan sandaran tangan menjadi area yang paling banyak disentuh oleh para penumpang.

  1. Fasilitas Pengisian Air Minum

Fasilitas pancuran air minum gratis di bandara tentunya menjadi penolong kala haus. Akan tetapi, sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk membeli air kemasan atau membawa minum sendiri dari rumah.

Karena, pancuran air minum yang ada di bandara ternyata menjadi tempat yang rentan terpapar bakteri dan kuman. Bagian tombol pancuran air minum merupakan benda yang paling banyak dipenuhi bakteri atau kuman. Setidaknya, ada 19 ribu CFU yang bertebaran di area tombol pancuran air minum tersebut.

  1. Baki Plastik

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Nottingham dan Finnish National Institute for Health and Welfare mengungkapkan bahwa baki plastik menjadi tempat yang memiliki jumlah kuman cukup tinggi. Hal ini didasari dengan pengujian beberapa sampel nampan plastik di Bandar Helsinki.

Kotak-kotak ini memiliki frekuensi kontak yang tinggi dengan para penumpang. Setiap baki plastik dengan cepat digunakan dan disentuh sekian ratus penumpang per harinya. Selain itu, baki plastik juga digunakan sebagai tempat sementara untuk menampung benda-benda penumpang sebelum diperiksa. Bahkan, menurut Fox 9, Pihak TSA atau keamananan bandara, beberapa baki plastik tidak dibersihkan secara teratur.

  1. Konter Paspor

Selain beberapa tempat yang telah disebutkan di atas, konter pemeriksaan paspor juga menjadi tempat yang juga dihuni kuman dan bakteri. Salah satu alasan, kenapa konter paspor menjadi tempat yang rentan terpapar bakteri dan kuman adalah karena tempat ini ibarat pintu gerbang paling pertama yang memiliki kontak dengan wisatawan dari berbagai belahan dunia.