Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tanpa Bantuan Pemerintah, Desa Ini Mampu Rubah Selokan Jadi Kolam Ikan

Tanpa Bantuan Pemerintah, Desa Ini Mampu Rubah Selokan Jadi Kolam Ikan

Banyak daerah di Indonesia yang berpotensi menjadi daerah wisata. Dan biasanya daerah-daerah tersebut berada di daerah-daerah terpencil di seluruh penjuru Indonesia. Namun kali ini berbeda, ada satu daerah yang memilik banyak pesona tersendiri padahal masih berada di kawasan Jabodetabek atau lebih tepatnya di Kabupaten Bogor. Nama daerah tersebut adalah Kampung Naringgul di kecamatan Ciawi, Desa Bendungan yang memiliki banyak keindahan dan keunikan.

Namun pembangunan Ecovillage kampung ini berjalan tanpa dana dari pemerintah dan justru mereka tetap mampu menjadikan daerahnya sebagai tujuan pariwisata dengan menyimpan banyak pesona alam termasuk air terjun. Dan salah satu yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini mengenai Kampung Naringgul adalah mereka mampu menyulap selokan kumuh menjadi kolam yang mampu dihuni oleh berbagai jenis ikan mulai dari nila, gurame, sampai ikan mas yang mampu dikembangbiakkan.

Bahkan ikan-ikan air tawar ini sudah mampu untuk dipanen setiap 4 bulan sekali,  lalu dijual ke pasar untuk membantu meningkatkan perekonomian para warga sekitarnya. Ecovillage yang ada di kampung ini memang salah satunya bertujuan untuk membersihkan selokan dan menjadikannya tempat budidaya ikan di Desa Bendungan ini. Ecovillage memang merupakan program pengembangan desa berbudaya lingkungan dengan pengelolaan yang seusai dengan kaidah konservasi, pemanfaatan dan pemulihan lingkungan. Ecovillage ini ditargetkan nantinya akan mampu menjadi sebuah interaksi antara manusia dengan lingkungan sekitarnya.

Dengan adanya Ecovillage ini pun warga menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah lagi di selokan dan tempat-tempat lainnya melainkan sudah tertib untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Mungkin ini menjadi sebuah teguran bagi pemerintah untuk lebih banyak lagi mengembangkan Ecovillage di daerah-daerah Indonesia yang lain serta lebih memperhatikan pada program yang memang telah terbukti membantu lingkungan serta bahkan perekonomian para warganya.

Peran pemerintah memang tentunya akan sangat berperan besar bagi perkembangan desa-desa di Indonesia yang sedang menjalani program Ecovillage yang tentunya memang sangat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Semoga hal-hal positif seperti ini akan terus mendapat perhatian lebih dari pemerintah.