Sunday, September 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tanda-Tanda Wanita Mengalami Depresi

Sering melamun, suka menyendiri dan sulit untuk berbagi dengan orang lain. Bisa jadi Anda sedang mengalami depresi, dimana kecenderung wanita yang mengalami kejadian tersebut tidak ingin berbagi pada orang lain dan menyakiti diri sendiri.

Gangguan mental memang bisa terjadi pada semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bukan hanya dari gangguan fisik, namun lebih banyak mental dan membebani sehingga membekas hingga dewasa. Sudah jelas akan sulit untuk mengatasinya jika depresi berjalan cukup lama, apalagi hingga bertahun tahun dan Anda tidak menyadarinya.

Menurut penelitian, kini 1 dari 5 remaja mengalami kondisi gangguan mental, sangat ironis bukan dengan kemajuan teknologi yang ada tidak semakin membuat seseorang bahagia. Hal ini tentu akan meningkatkan kecenderungan untuk bunuh diri, bahkan angka ini semakin meningkat setiap tahunnya.

Bunuh diri dalam gangguan mental bukan menghabisi nyawa, melainkan membuat mental terganggu dan tidak bisa hidup dengan tenang. Inilah yang membuat seseorang selalu merasa tersiksa dan tidak bisa merasakan bahagia, penyakit gangguan mental sebenarnya bisa disembuhkan asalkan Anda sudah tahu tanda-tandanya sejak awal.

5 Tanda Utama Wanita Sedang Mengalami Depresi

  1. Merasa Tidak Punya Harapan

    Ini hal pertama yang membuat seseorang depresi, rasa kurang percaya diri, berada di lingkungan yang membuat tertekan bahkan bisa jadi bullying dari orang sekitar. Ini membuat Anda merasa tidak punya harapan hidup kembali, untuk apa hidup jika terus menerus di siksa. Bahkan ini terjadi tidak secara fisik, melainkan mental.

    Cara mengatasinya, cobalah untuk berteman dan lebih terbuka dengan orang lain. Tidak ada salahnya untuk menyapa dan mengucapkan terima kasih pada setiap orang atas bantuan kecil yang diberikan, ini membuat Anda tidak lagi kaku dan merasa sendiri.

  2. Sulit Mengendalikan Diri

    Saat sedang kalut, Anda tentu tidak akan berpikir jernih bahkan membuat keputusan dengan emosi itu selalu menimbulkan penyesalan. Jangan sampai Anda merasa bersalah atau kecewa dengan apa yang ditimbulkan nantinya, Anda harus memilikirkan baik dan buruknya terlalu dahulu.

    Solusinya, cobalah untuk membuka masalah pada orang lain, jika memang sulit dengan orang tua, coba dengan saudara kandung atau teman terdekat. Sekalipun tanpa saran yang bagus, Anda tidak akan memikul beban sendiri.

    Baca juga : http://www.ulasandunia.com/mau-jadi-orang-kaya-mari-hindari-kebiasaan-baik-namun-buruk-ini/

  3. Rasa Takut Berlebih 

    Semua orang sudah pasti akan takut mencoba hal baru, apalagi yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Namun tidak sedikit yang ingin mencoba bukan, hasilnya memang tidak semuanya sukses namun setidaknya Anda mengerti dan mau tahu hal baru.

    Jika mengalami takut, tanamkan kembali apa yang Anda lakukan sekarang. Jika ini baik dan tidak mencelakaan orang lain, kenapa tidak dijalani,  apalagi ini memberikan banyak kebaikan untuk Anda. rasa takut berlebihan hanya akan menghambat Anda untuk melangkah maju, jangan hanya diam di tempat sebaiknya bergerak dan raih keinginan dan cita-cita selama ini.

  4. Mood Swing
    Setiap orang memang memiliki suasana hati yang berbeda, bisa berubah hanya hitungan detik saja, apalagi untuk wanita. Banyak perempuan mengikuti suasana hati setiap harinya, mood swing sebaiknya tidak selalu dibenarkan.Ini hanya akan mengganggu keseharian, apalagi jika sudah bekerja. Anda akan muda tersinggung, marah tanpa kejelasan dan tiba-tiba bersedih. Akibatnya akan dijauhi banyak teman, ada baiknya pintar menata kondisi hati sehingga tetap berada di sekeliling orang yang Anda sayangi.
  5. Beralih Pada Hal Negatif
    Inilah yang sangat disayangkan, banyak orang mengalami depresi sehingga mencari pelampiasan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Seperti minum minuman keras dan beralkohol tinggi, padahal tidak pernah melakukan sebelumnya. Konsumsi obat-obatan terlarang, bahkan hingga melakukan tindakan kriminal untuk mendapatkan barang haram tersebut.Solusinya, coba bicara dengan orang terdekat dan lakukan pelampiasan yang lebih sehat. Kenapa tidak coba berolahraga, ini juga akan membuat Anda kelelahan dan tetap sehat. Bisa juga mencari hobi yang menyenangkan, sehingga bisa melupakan sejenak masalah yang dialami.

Hati-hati jika sudah memiliki beberapa sifat di atas, segera introspeksi diri dan lakukan curhat dengan orang yang Anda yakini baik dan bisa memberikan solusi. Jangan melangkah ke jalan yang salah, apa yang dilarang itu tidak harus dilanggar dan mengikuti jalan yang benar akan memberikan ketenangan serta mendatangkan kebahagiaan.

One Comment

Comments are closed.