Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tanda-tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Lolos Wawancara Kerja

Tanda-tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Lolos Wawancara Kerja

Polanya begini: pertama, kamu akan mencari pekerjaan, mengirimkan CV kepada perusahaan terkait, menunggu panggilan interview, dan jika kamu beruntung, kamu akan menerima panggilan tersebut.

Di sinilah perjuanganmu dimulai, kamu memberikan jawaban terbaik dari pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara kepada kamu. Setelahnya adalah hal paling buat deg-degan, karena enggak semua pewawancara akan menghubungimu kembali ketika kamu dinyatakan enggak diterima.

Biar menghindari kebingungan dan bikin kamu lebih percaya diri dengan hasilnya, dilansir Times of India, berikut ini adalah tanda kamu udah melakukan yang terbaik saat interview dan berpotensi diterima bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Percakapan berubah menjadi santai

Pembicaraan yang biasa terjadi ketika interview kerja biasanya adalah menegangkan, namun, jika pembicaraan berubah menjadi lebih santai, mungkin itu bisa jadi pertanda baik. Saat kamu bekerja dalam sebuah tim, akan lebih baik jika atasanmu mengetahui lebih banyak tentang kamu selain keterampilan profesionalmu.

Kemudian, waktu kamu dan pewawancara yang kemungkinan akan menjadi atasanmu itu akan membicarakan soal hal-hal yang enggak biasa seperti jenis buku favorit, dan lain-lain. Ini memungkinkan pewawancaramu memikirkan kecocokanmu dengan lingkungan kerja mereka.

  1. Tiba-tiba diperkenalkan kepada anggota tim lainnya

Ketika interview berlangsung, jika secara tiba-tiba si pewawancara memperkenalkan kamu dengan anggota tim lain, anggap ini sebagai pertanda baik, ya. Ini artinya pewawancara menyukaimu dan ingin mengetahui pendapat anggota tim lain.

  1. Perhatikan kata-kata seperti ‘kapan’ dan ‘jika’

Enggak ada pewawancara yang akan memberikan harapan palsu kepada kandidatnya, maka dari itu mereka akan menggunakan kata-kata dengan hati-hati. Misalnya, penggunaan kata-kata seperti ‘jika’ dan ‘kapan’ bisa memiliki banyak arti. Ketika pewawancara mengatakan, “Jika kamu diterima, kami akan memberi tahumu.

Tetapi kalau mereka memulainya dengan, “Ketika kamu diterima kerja, kamu mungkin harus menyelesaikan pelatihan ini, nah, mungkin berarti mereka mencoba memberimu gambaran tentang apa yang terjadi setelahnya jika kamu dipilih atau diterima. Jadi, pilihan kata-kata mereka, ketika dianalisis dengan benar, dapat memberikan petunjuk besar, lho.

  1. Berbicara soal hal-hal baik yang akan kamu terima

Ketika di tengah-tengah diskusi si pewawancara merubah arah pembicaraan dari mencoba mengenalmu menjadi membahas soal tunjangan yang akan ditawarkan oleh perusahaan, itu artinya pewawancara lagi mencoba untuk ‘menjual’ pekerjaan itu.

Misalnya kamu mendengar mereka mengatakan, “Peran ini memungkinkan karyawan untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang baik” atau “Kami memiliki beberapa program pelatihan yang luar biasa bagi karyawan untuk mengasah keterampilan mereka. Yang mana itu berarti interview pasti berjalan ke arah yang benar.

  1. Interview berlangsung lama

Jangan khawatir, jangan bosan, dan jangan kecewa kalau interview yang kamu lewati berlangsung cukup lama. Bukan berarti ada masalah denganmu yang membuat mereka menanyakan pertanyaan yang enggak habis-habis. Sebaliknya, alasan interview berjalan cukup lama dari yang diperkirakan karena mungkin pewawancara sangat menyukai apa yang mereka dengar dan ingin tahu lebih banyak tentang kamu.

  1. Hasil akhir di tangan perusahaan

Namun, sedikit saran, sebaiknya jangan dulu meningkatkan harapanmu kecuali kamu mendapatkan surat konfirmasi yang menyatakan kalau kamu diterima, karena apa pun bisa terjadi pada menit terakhir.

Jangan pernah kehilangan harapan kalau nantinya kamu enggak diterima atau dipilih oleh perusahaan walaupun interview-mu berjalan dengan lancar. Ingat, kamu bukanlah satu-satunya yang melamar pekerjaan di tempat tersebut, jadi berbagai pertimbangan pasti dipikirkan oleh perusahaan. Ada hal yang bisa kamu pelajari dari hasil interviewmu walau kamu enggak diterima, kamu bisa mengetahui apa yang salah dan berusaha melakukan yang lebih baik lain kali.