Saturday, December 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Taman Nasional Langit Gelap Akan Segera Ada di Kupang

Taman nasional langit gelap akan segera berdiri di Kupang, NTT, hal ini bahkan akan menjadi observatorium terbesar yang ada di ASIA Tenggara. Dimana berada di bawah kendali Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), memilih lokasi di pegunungan Timau, Amfoang Tengah, Kupang Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dikemukakan sendiri oleh Ir. Jasyanto yang merupakan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) LAPAN yang sedang memulai peninjauan langsung lokasi yang akan jadi pusat fasilitas observatorium tersebut. Ini tentu akan jadi fasilitas baru untuk melihat lebih dalam lagi tentang keantariksaan di Indonesia.

Dukungan penuh diberikan pemerintah, dimana Prof. Mohamad Nasir, selaku Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, juga ikut serta dalam tinjauan lokasi yang nantinya akan menjadi taman nasional langit gelap terbesar di Asian Tenggara. Dimana nantinya di pegunungan Timau akan dibangun beberapa fasilitas untuk mendukung keantariksaan Indonesia.

Mulai dari taman nasional langit gelap yang sekaligus di dalamnya terdapat Observatorium Nasional, ini akan menjadi satu nama yaitu Observatorium Timau. LAPAN kini tidak bergerak sendiri untuk melakukan pengamanan antariksaan Indonesia, pasalnya nanti di pegunungan Timau akan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) serta universitas terdekat, yaitu Universitas Nusa Cendara (Undana) Kupang, selain itu pemerintah daerah Kupang juga memberikan sambutan dan dukungan penuuh.

Baca juga : Rasi Saturnus Dan Bulan Stroberi Akan Menyapa Malam Ini

Rencananya, observatorium Timau akan memiliki teleskop optik dengan diameter 3,8 meter, ini merupakan fasilitas paling modern untuk melihat keantariksaan Indonesia Timur, sehingga bisa jadi pusat edukasi yang lebih baik dan memberikan pembelajaran untuk putra daerah sehingga tidak perlu harus datang ke Jawa.

Jasyanto bahkan mendukung keberadaan observatorium nasional Timau, dimana nantinya di sekitar kawasan taman nasional langit gelap akan dibangun pula beberapa perkantoran dan pusat penelitian sains. Dimana dirinya berharap nantinya, pemerintah Kabupaten Kupang berperan aktif untuk mendukung kemajuan penelitian, sains dan pemanfaatan teknologi keantariksaan Indonesia.

Sengaja fasilitas ini di bangun di Indonesia Timur untuk meningkatkan jumlah pariwisata tematik, selain itu bidang keantariksaan bisa lebih terbuka dan mengamati langit dengan lebih detail. Ini akan menggantikan peran observatorium Bosscha yang ada di Lembang, Jawa Barat. Dimana kini dinilai sudah tidak terlalu produktif karena sudah mulai banyak dipadati penduduk, selain itu sudah ada banyak gedung perkantoran sehingga menyulitkan keadaan antariksa dengan lebih bagus. Bahkan diharapkan taman nasional langit gelap dan observatorium keantariksaan, bisa meningkatkan penduduk sekitar.

Related Post

Tips Badan Langsing Meski Harus Duduk Seharian Di ... Tips badan langsing memang sudah banyak, namun apakah Anda sudah tahu bagaimana cara wanita kantoran yang duduk terus tetapi bisa mempertahankan bentu...
Pria Tak Bergairah Di Ranjang Setelah Konsumsi Mak... Pria tak bergairah saat hubungan intim, ini tidak akan menghasilkan klimaks yang menyenangkan. Pasalnya laki-laki akan memegang kendali penuh dalam hu...
Gerhana Bulan Total Diprediksi Akan Terjadi Pada 2... Gerhana bulan total diperkirakan terjadi pada 28 Juli 2018, inilah penuturan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Uniknya g...
Atlet UFC Ini Menjadi Juara Dunia Berkat Latihan B... Khabib Nurmagomedov saat ini sedang menjadi perbincangan di seluruh dunia karena aksi brutalnya setelah memenangkan laga UFC 229 di Las Vegas bebera...

2 Comments

Comments are closed.