Thursday, October 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tahun Ini Masih Mudik Sendiri? Ikuti Tips Aman Mudik Untuk Wanita

Tahun Ini Masih Mudik Sendiri? Ikuti Tips Aman Mudik Untuk Wanita

Mudik memang rutinitas wajib menjelang lebaran, apalagi jika Anda tinggal atau bekerja di luar kota dan jauh dengan orang sudah. Dari jauh hari, pasti sudah merencanakan untuk mudik, sayangnya tahun ini harus pulang sendiri tanpa pasangan dan teman.

Bagi wanita mudik sendiri memang bukan hal menyenangkan, apalagi jika Anda masih menggunakan kendaraan umum dan harus berdesakan dengan penumpang lainnya. Selain itu, kondisi terminal, stasiun dan bandara yang penuh sering kali memancing adanya tindak kriminal, meskipun sudah ada penjagaan dari keamanan terkait.

Maka dari itu, bagi wanita yang akan mudik tahun ini. Jangan khawatir, selain sudah ditingkatkan keamanan di tempat umum. Anda juga harus bisa menjaga diri sendiri agar tidak menjadi korban di tempat terbuka, ada beberapa tips mudik agar sampai tujuan dengan selamat.

5 Tips Aman Mudik Bagi Wanita yang Masih Sendiri

1. Bawa Barang-Barang Secukupnya

Mudik bukan waktunya pindah rumah, Anda akan pulang ke kampung halaman tidak lebih dari 10 hari. Tentu saja tidak perlu membawa semua pakaian yang ada di lemari, apalagi jika pulang ke rumah sendiri pasti masih ada pakaian lama yang berada di kamar pribadi.

Maka dari itu, lebih baik mudik dengan membawa barang yang cukup dan bisa Anda bawa sendiri. Memang akan ada helper di tempat umum, namun jumlahnya akan terbatas bahkan bisa jadi tindakan kecurangan. Maka dari itu, bawa tas ukuran sedang dan bawa semua keperluan dalam satu tempat yang sama.

2. Berdandan Dan Berpakaian Rapi

Anda akan pulang ke kampung halaman bukan menghadiri acara penting, kenapa tidak memilih pakaian yang nyaman dan menyenangkan di perjalanan. Apalagi mudik dalam kondisi berpuasa, sebaiknya gunakan pakaian yang rapi dan tidak mencolok.

Baca juga: Cari Kebenaran Membeli Tiket Pesawat Hari Selasa Bisa Dapat Harga Paling Murah?

Berdandan memang perlu, namun jangan terlalu heboh. Ada baiknya Anda tidak terlihat mencolok dan menjadi korban tindakan kriminal, apalagi jika mudik sendirian dan tidak memiliki ilmu bela diri. Banyak oknum yang memanfaatkan hal tersebut, jangan sampai kejadian buruk terjadi hanya karena mudik ke kampung halaman.

3. Tubuh Harus Dalam Kondisi Fit

Anda akan menempuh perjalanan yang cukup panjang, biasanya untuk mudik bisa mencapai 10 hingga 15 jam. Ini tergantung jauhnya perjalanan, apalagi jika mudik semua jalan akan macet dan menambahkan jam perjalanan.

Anda tentu akan mengalami kelelahan. Maka dari itu, pastikan kondisi tubuh harus fit dan bugar, jika bisa konsumsi vitamin dan olahraga ringan sebelum berangkat, jangan sampai Anda mengalami sakit di perjalanan hanya karena kelelahan.

4. Jangan Mudah Gugup

Muncul rasa bingung itu wajar, apalagi perjalanan tidak berjalan sesuai keinginan. Namun jangan memperlihatkan kegugupan Anda di depan orang lain, ini akan memancing tindakan kriminal dan kejahatan.

Perlihatkan wajah percaya diri dan yakin, jika memang Anda tidak mengerti, sebaiknya bertanya pada petugas secara langsung. Jangan berbuat nekad dengan keyakinan yang Anda miliki, selain itu jangan mudah percaya dengan orang yang berbuat baik secara tiba-tiba, bisa saja ini modus untuk melakukan tindakan kejahatan.

5. Catat Nomor Telepon Penting

Anda memang membawa gadget, ini sangat membantu di perjalanan. Namun smartphone tentu akan memiliki batas penggunaan, apalagi di transportasi umum sulit untuk melakukan pengisian baterai kembali.

Ada baiknya mencatat beberapa nomor penting, seperti nomor orang tua, kantor dan orang terdekat. Sehingga Anda bisa mendapatkan pertolongan dengan cepat, saat mengalami kesulitan. Misalkan kehilangan barang berharga atau tersesat di tempat baru.

Jadikan mudik sesuatu yang menyenangkan, persiapkan semua perlengkapan yang akan membuat Anda nyaman di perjalanan. Jangan sampai Anda mengalami hal yang tidak menyenangkan, hati-hati dan jangan terlalu ramah dengan orang baru apalagi yang tidak dikenal sebelumnya.

Related Post

Indiana Jones 5 Resmi Mundurkan Masa Rilis Hingga ... Indiana Jones 5 akan mengobati rasa penasaran akan petualangan Jones selanjutnya, namun semua fans harus menanti hingga 2021 mendatang. Pasalnya jadwa...
Duka Sang Master Lawak Yang Tak Mampu Tersenyum Un... Selain kabar duka yang datang dari bencana alam di Sulawesi Tengah dan beberapa wilayah di Indonesia, ada pula berita duka yang datang dari aktor ko...
Memilih Pelembab Tidak Sesuai Jenis Kulit, Ini Der... Memilih pelembab untuk wajah memang harus sesuai jenis kulit, itulah sebabnya jangan asal mengikuti trend atau memilih produk terbaru. Ada baiknya ken...
Sepatu Lama Terlihat Baru, Ikuti Trik Cerdas Untuk... Sepatu lama bisa terlihat seperti baru, ini tentu hal yang menyenangkan sehingga Anda tidak perlu membuangnya. Sudah pasti sepatu dengan harga selangi...