Sunday, September 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tahukah Kamu Asal-usul Mata Uang Negara yang Kita Cintai Ini?

Tahukah Kamu Asal-usul Mata Uang Negara yang Kita Cintai Ini?

Rupiah saat ini sedang banyak diperbincangkan karena sedang melemah walau sebenarnya pada bursa penutupan BEI telah mampu naik kembali di hari Jumat 7 september lalu. Namun ya namanya manusia pasti lebih ingat dengan yang jelek-jeleknya daripada yang bagusnya, hohoho. Daripada kita bahas mengenai kebaikan atau keburukan suatu hal terutama rupiah lebih baik kita belajar saja darimanakan asal usul mata uang yang selalu kita kejar-kejar selama hidup ini.

Rupiah adalah mata uang resmi Indonesia yang dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217. Zaman dahulu orang Indonesia juga menyebut rupiah dengan nama perak walaupun karena inflasi telah membuat hal itu tidak dipergunakan kembali kecuali hanya pada pencatatan di pembukuan bank.

Nama rupiah beradal dari bahasa India yaitu rupiya ayang dimana berakar dari bahasa sansekerta yaitu rupyakam yang artinya adalah perak. Rupiah dijadikan nama dari mata uang negara Indonesia karena pengaruh kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha yang begitu kental di seluruh Nusantara selama ratusan tahun yang terasimilasi ke dalam budaya dan bahasa di Indonesia.

Tapi apakah sejak awal Indonesia sudah menamai mata uangnya dengan nama rupiah? tentu saja tidak karena ternyata banyak jalan-jalan berliku yang hharus dilalui juga sejarah yang harus dibahas sampai akhirnya nama rupiah dipergunakan sebagai mata uang NKRI. Oleh sebab itu ada baiknya kita juga membahas perjalanan mata uang Indonesia selama ratusan tahun yang sudah banyak berubah namanya sebelum akhirnya diputuskanlah nama rupiah sebagai mata uang NKRI.

Pada awal-awal adanya Nusantara ini yang pertama kali digunakan adalah nama Gulden Belanda yang memiliki waktu edar dari tahun 1610-1817 yang dicetak dan dirilis tentu saja oleh negara yang menjajah kita selama 350 tahun yaitu Belanda. Namun dalam kurun waktu tersebut juga ada dua mata uang lain yang dipergunakan oleh Indonesia yaitu Java rupee degan waktu edar 1743-1816 yang dicetak dan dirilis oleh VOC serta ada juga dollar sumatera dengan waktu edar 1682-1824 yang dicetak dan dirilis oleh East India Company(inggris).

Lalu ada Gulden Hindia Belanda yang memiliki waktu edar dari 1817-1945 yang dirilis oleh de Javasche Bank setelah itu ada ORI(Oeang Republik Indonesia yang dicetak oleh Percetakan Kanisius yang dirilis oleh de Javsche Bank dalam waktu edar 1945-1950. Setelah itu berubah lagi menjadi uang Republik Indonesi Serikat yang dicetak oleh Thomas De La Rue and Co, Ltd & Security Banknote Company dan dirilis oleh Mr.Teuku Muhammad Hasan dalam waktu edar dari maret 1950 sampai Agustus 1950.

Dan akhirnya  sejak tahun 1951 sampai sekarang nama rupiah dipergunakan dan telah dikuasai sepenuhnya oleh Indonesia oleh seba itu dicetak oleh Peru Peruri dan dirilis oleh Bank Indonesia. Jadi bagaimana sudah agak pintar sedikit lah ya, sosial media memang sangat berguna jika dipergunakan dengan bijak wahai para netizen, hehehe.