Saturday, May 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tahu Tidak? Serabut Putih Di Jeruk Rupanya Punya 3 Kandungan Penting Ini!

Pernah makan buah jeruk bukan? Pastinya pernah dong. Pada buah jeruk terdapat serabut putih yang biasanya akan dibuang begitu saja. Tentu saja karena serabut tersebut memiliki rasa yang hambar dan juga membuat penampilan jeruk yang dimakan jadi kurang cantik dan menarik. Jadi tak heran bila ketika memakan jeruk, banyak orang yang memilih membersihkan dulu serabut berwarna putih yang mengelilingi buah jeruk setelah dikupas.

Namun, Anda tahu tidak bahwa sebenarnya serabut putih yang ada di buah jeruk tersebut memiliki kandungan yang tinggi? Ya, serabut tersebut rupanya bukan “kotoran” dari buah jeruk. Tapi terdapat kandungan tersendiri yang bisa menurunkan vitamin jeruk bila dihilangkan. Penasaran kan apa saja kandungan di dalamnya?

3 Kandungan Penting Dalam Serabut Putih Di Jeruk

1. Serat

Kandungan pertama dari serabut warna putih yang ada pada jeruk, adalah serat. Jeruk merupakan buah dengan kandungan serat yang banyak. Namun ternyata bila menghilangkan serabut di sekitarnya, kandungan serat pada jeruk berkurang hingga 30 persen. Ini karena serabut tersebut juga memiliki kandungan serat yang tak kalah banyak!

Serabut tersebut memiliki kandungan pektin yang tinggi. Dimana salah satunya berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Jadi lain kali ketika memakan buah jeruk, memang sebaiknya serabut yang ada disekitarnya ikut dimakan juga ya?

2. Vitamin C

Jeruk sudah tak diragukan lagi merupakan salah satu sumber vitamin C paling besar. Namun lagi-lagi, kandungan vitamin C di dalam jeruk akan berkurang bila serat putihnya diambil! Di dalam serabut putih pada buah jeruk, terdapat kandungan vitamin C yang sama dengan jeruk yang sudah dihilangkan serat putihnya. Jadi, bisa hilang hingga 50 persen dong kandungan vitamin C di dalamnya?

3. Antioksidan

Serabut yang ada pada jeruk rupanya menjadi kunci kesehatan kulit. Di dalam serabut berwarna putih tersebut terdapat kandungan flavonoid, yang tidak ada pada buah jeruk itu sendiri. Senyawa flavonoid ini sendiri bekerja untuk melindungi kulit dari efek buruk polusi hingga penggunaan makeup. Selain itu menjaga keadaan sel kulit dan juga tubuh tetap muda.

Jadi lain kali ketika makan buah jeruk, serabutnya jangan langsung dibuang ya!