Monday, September 28Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Tabloid Olahraga Terbaik Di Indonesia Resmi Pamit Setelah Puluhan Tahun Menemani Kita

Senja kala media cetak sepak bola semakin terlihat. Setelah Tabloid Soccer yang ‘tenggelam’ per 11 Oktober 2014, kali ini giliran @tabloid_bola yang pamit. Berita tentang tutupnya Tabloid BOLA disiarkan Firzie Idris melalui akun Twitter pribadinya. Tabloid Olahraga Terbaik Di Indonesia Resmi Pamit Setelah Puluhan Tahun Menemani Kita.

Dear penggemar olahraga di seluruh Indonesia. Marilah anda bersendu ria, karena kepergian BOLA tentunya yang telah menjadi saksi sejarah perkembangan olahraga Tanah Air memang pantas untuk ditangisi. Dear @tabloid_bola, semangatmu akan selalu hidup dalam diri kami semua, karena pertandingan tidak akan pernah usai.

Reaksi netizen pun sangat beragam terkait tutupnya lembaran tabloid BOLA pada bulan Oktober ini. Rata semuanya sedih akan tutupnya salah satu tabloid olahraga terbaik yang selama ini memang selalu menemani hari-hari para pembacanya. Namun apa mau dikata, perkembangan zaman memang tidak bisa dihentikan dan kita semua harus siap menghadapinya. Dengan adanya teknologi informas seperti sekarang ini, media seperti koran, tabloid atau majalah harus rela kehilangan para penggemarnya.

Satu persatu media yang berupa kertas dan sejenisnya pun harus terima kalah oleh portal berita yang beredar banyak sekali di internet. Berita kini sangat mudah untuk didapatkan, dan tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan berita dari belahan dunia lain apa lagi hanya dari sekitar anda. Apa pun itu namun sebenarnya media koran/kertas memliki kelas sendiri terhadap para pembacanya walaupun telah tergerus oleh media digital.

Kembali kepada tutupnya tabloid BOLA, berikut akan kita coba untuk jelaskan perjalanan media olahraga yang bernaung di bawah harian KOMPAS. Diawali di tahun 1970-1980 sebagai rubrik olahraga di harian Kompas. Lalu pada tanggal 3 Maret 1984, BOLA terbit sebagai sisipan harian Kompas. Di tanggal 9 Maret 1988, edisi pertama dirilis terpisah dalam format tabloid setebal 16 halaman. Namun pada 2 April 1988, edisi kedua bertambah menjadi 24 halaman.

Pada tahun 1997-2010, BOLA dirilis dua kali dalam sepekan dan di bulan Januari tahun 2009 BOLA menerbitkan majalah sepakbola impor FourFourTwo dan Inside United. Pada tahun 2010-2013, BOLA terbit 3 kali dalam seminggu. DI tahun 2013-2018 demi bersaing dengan media digital maka BOLA memutuskan untuk terbit enam kali dalam sepekan. Sampai pada akhirnya di tanggal 16 Oktober 2018, Managing Editor BolaSport Firzie Idris mengabarkan akan merilis dua terbitan terakhir BOLA. Yang pertama pada tanggal 19 Oktober 2018 dan selanjutnya di tanggal 26 Oktober 2018 atau seminggu setelahnya.