Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Susah Buang Air Besar Saat Liburan? Ini Alasannya!

Susah Buang Air Besar Saat Liburan? Ini Alasannya!

Anda pasti mengalami kesulitan untuk buang air besar di tempat baru, apalagi saat liburan. Ini bukan hanya karena kemampuan beradaptasi atau terlalu memilih tempat, ternyata ada penelitian yang membuktikan jika memang ada alasan tersendiri Anda mengalami kesulitan buang air besar saat sedang liburan.

Bahkan jika liburan hingga satu minggu, Anda memilih menahan buang air besar, dengan alasan tidak di kamar mandi sendiri atau tempatnya kurang bersih. Namun ini bukan alasan logis yang bisa menjelaskan kenapa tidak bisa buang air besar.

Secara ilmiah, dijelaskan oleh ahli gastroenterologi. Bukan karena keinginan buang air besar tidak ada atau terlalu memilih tempat, biasanya saat liburan perut akan selalu terasa kembung, sulit buang air besar dan mengalami sakit perut tanpa alasan jelas. Ini merupakan akibat pola makan yang salah.

Jadi karena mengalami stres selama di perjalanan, terlalu jauh tujuan yang harus dituju dengan kendaraan umum terlalu lama atau dalam kondisi tidak menyenangkan. Ini tentu saja membuat nafsu makan menurun dan hanya ingin konsumsi minuman saja, sehingga membuat perut tidak nyaman dan susah buang air besar.

Baca juga: Tips Memilih Air Minum Terbaik Untuk Kesehatan

Apalagi jika tubuh terbiasa dengan pola makan yang teratur di jam makan, bahkan asupan makanan sehat dan seimbang. Dalam perjalanan wisata, sering kali makan apa yang tersedia, tanpa melihat kandungan makanan, asalkan kenyang begitu saja.

Ini berpengaruh pada sistem pencernaan, bahkan mengalami kesulitan buang air besar. Bukan itu saja, saat ingin buang air besar juga terhalang minimnya kamar mandi umum yang tersedia, apalagi jika menggunakan transportasi umum. Terlebih Anda sudah terbiasa dengan kamar mandi pribadi, sehingga saat sampai di kamar mandi belum tentu bisa buang air besar seperti biasanya.

Selain itu, bisa juga dipengaruhi waktu istirahat, apalagi waktu tidur yang tidak lagi teratur. Bahkan biasanya hanya tidur dua hingga tiga jam saja, dengan berdalih menikmati tempat wisata baru tanpa memikirkan kondisi tubuh. Ini akan membuat tubuh tidak memiliki waktu istirahat dan proses pencernaan menjadi terganggu.

Itulah kenapa, kebanyakan mengalami gangguan buang air besar. Bahkan di tempat baru membutuhkan waktu adaptasi, apalagi jika belum pernah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya. Kesulitan buang air besar, bukan hanya terlalu memilih tempat atau pun menjaga kebersihan, namun juga selama liburan kurang perhatian konsumsi makanan dan waktu istirahat semakin sedikit dari waktu normal.

2 Comments

Comments are closed.