Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Susah Bangun Sahur? Ikuti Tips Mudah Bangun Sahur di Bulan Ramadan

Susah Bangun Sahur? Ikuti Tips Mudah Bangun Sahur di Bulan Ramadan

Jika setiap hari Anda mengalami kesulitan untuk bangun di pagi hari, maka akan lebih sulit bangun untuk sahur di bulan Ramadan. Dimana sahur dilakukan sebelum subuh, minimal pukul 3 pagi. Sudah pasti ini waktunya untuk tertidur, tetapi kalau tidak sahur maka akan lemas seharian penuh beraktivitas padahal sedang berpuasa.

Apalagi jika tinggal sendirian, jam alarm yang berbunyi nyaring tidak bisa membangunkan Anda. Bagaimana jadinya jika bangun di jam 4, menjelang waktu subuh. Anda tentu tidak mungkin makan sahur dengan nyaman, untuk itu cobalah beberapa tips bagaimana cara bangun untuk sahur lebih nyaman dan lebih awal.

4 Cara Agar Bisa Bangun Sahur Lebih Awal

1. Pasang Alarm Lebih Pagi

Jika jam sahur biasanya pukul 3 pagi, maka buat alarm pukul 2 pagi. Jeda waktu satu jam ini akan membuat Anda bisa tersadar sepenuhnya dan bisa menyiapkan makanan, menyantap dan menyelesaikan dengan baik.

Tidak ada yang menyenangkan santap sahur terburu-buru, apalagi jika hanya menggunakan menu makanan siap saji seperti mie instan. Ini akan menyiksa diri, jika hanya sekali itu tidak masalah namun bagaimana jadinya jika terjadi hampir setiap harinya.

2. Tidur Lebih Awal

Jam tidur di bulan puasa tidak sama seperti hari biasanya, ada salat taraweh dan harus bangun sahur sebelum subuh. Untuk itu, Anda membutuhkan jam tidur yang cukup. Memang perlu minimal 6 hingga 8 jam tidur setiap harinya, untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan segar.

Untuk itu, lebih baik tidur lebih awal. Tidak ada salahnya mulai tidur setelah salat taraweh, biasanya jam 8 malam. Maka jadi waktu yang cukup untuk bangun di jam 3 pagi dan tetap nyaman bersantap sahur, bahkan bekerja menjadi tidak mengantuk lagi.

Baca juga: Tips Semangat Bekerja di Kantor Selama Puasa

Hindari jam lembur di kantor dan pulang sesuai jam pulang kantor selama puasa. Hindari datang ke coffe shop dan konsumsi kafein terlalu tinggi, ini akan membuat Anda sulit tidur. Apalagi jika harus mengalami insomnia akibat terlalu sering tidur malam bahkan dini hari.

3. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Hal yang membuat Anda sulit untuk bangun sahur, perut sudah kenyang saat tidur. Ini akan membuat Anda lebih nyenyak dan sulit untuk bangun, apalagi jika makan setelah salat taraweh, sehingga Anda sudah tidak membutuhkan sahur.

Namun jika melewatkan sahur dan hanya malam di malam hari, ini akan bertahan hingga pagi hari saja. Di siang hari, akan terasa lebih lemas, bahkan malas untuk bekerja. Sudah jelas ini mengganggu pekerjaan di kantor.

4. Niatkan Untuk Sahur

Apapun yang terjadi, jika Anda sudah niat berpuasa dan bangun sahur, maka Allah akan mempermudah jalannya. Sebelum tidur, siapkan bahan atau makanan yang akan dijadikan santap sahur. Selain itu, saat berbaring niatkan untuk bangun sahur. Maka nanti Anda akan terbangun dengan nyaman, segar dan santap sahur menjadi lebih menyenangkan.

Menjalani ibadah puasa jangan dijadikan beban, ini akan sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda memiliki aktivitas cukup banyak, bahkan tidak sadar jika sudah waktunya berbuka puasa. Sahur memang jadi hal penting, bahkan di sunahkan. Ini akan jadi sumber tenaga yang akan menjaga kondisi tubuh tetap fit dan bisa menjalani hari seperti biasanya.

Related Post

Jakun Bukan Hanya Hiasan, Ternyata Bermanfaat Untu... Jakun tentu saja hanya dimiliki laki-laki, letaknya di tenggorokan. Dimana tidak akan selalu terlihat, biasanya hanya saat laki-laki terdiam atau seda...
Kebiasaan Pagi Bikin Tubuh Lebih Gemuk Tanpa Disad... Kebiasaan pagi apa yang masih Anda lakukan hingga sekarang, malas bangun sekalipun alarm sudah berulang kali berbunyi. Ini juga menjadi agenda pagi ya...
Gerakan Pilates Yang Bisa Anda Lakukan Saat Bekerj...   Jika Anda mengalami kesulitan untuk tetap fit di tempat kerja, jenis olahraga dan peregangan ini dapat Anda lakukan di kantor. Cara ini sa...
Tahun Pertama Pernikahan Penuh Tekanan Mertua, Mud... Tahun pertama pernikahan memang bukan hal mudah dilewati begitu saja, banyak terjadi masalah dan muncul ketidakcocokan. Namun ini akan menghilang seir...

2 Comments

Comments are closed.