Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Suporter Jepang Memunguti Puntung Rokok Yang Berserakan Di Sekitar GBK Saat Perhelatan Asian Games

Suporter Jepang Memunguti Puntung Rokok Yang Berserakan Di Sekitar GBK Saat Perhelatan Asian Games

Perhelatan Asian Games sedang dilangsungkan sejak tanggal 18 agustus sampai tanggal 2 September 2018. Opeing dan closing ceremony Asian Games 2018 akan dilangsungkan di tempat yang sama yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada saat pembukaan Asian Games 2018 ini banyak sekali atraksi memukau dan mengejutkan yang semuanya mampu berjalan lancar dan bahkan akhirnya sampai menjadi trending topic di seluruh dunia.

Namun di samping semua kemegahan itu kita bisa menemukan secuil cerita yang sangat menginspirasi sekaligus memalukan bagi bangsa Indonesia. Entah mengapa kebiasaan merokok sudah sangat masif di Indonesia dan sangat sulit untuk dihilangkan. Mungkin salah satunya adalah harga rokok yang sangat murah. Coba bandingkan harga rokok di Indonesia dengan harga rokok di beberapa negara maju yang harganya melambung sangat tinggi demi upaya pemerintahnya untuk mengurangi populasi perokok di negara tersebut.

Namun kita tinggalkan saja masalah polemik dan kontroversi rokok di Indonesia dengan membahas sesuatu hal yang masih berhubungan dengan rokok namun agak sedikit melenceng ke kebiasaan para perokok setelah merokok. Setelah merokok biasanya para perokok akan membuang puntung rokok begitu saja di jalan dan yang sebenarnya termasuk dalam tindakan membuanga sampah sembarangan dan bisa dikenakan denda sesuai peraturan pemerintah.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di sekitar Stadion Gelora Bung Karno dimana saat itu terlihat aksi suporter asal Jepang yang tanpa rasa sungkan memunguti sampah rokok yang bertebaran di jalan dan salah satunya ada di trotoar. Okelah mungkin ada beberapa tempat yang memang memungkinkan mereka untuk merokok walau memang terkadang hanya akal-akalan para perokok saja, namun yang pasti tolong setelah merokok carilah tempat sampah untuk membuang  puntung rokok tersebut.

Salah satu akun yang memosting aksi suporter Jepang tersebut adalah motikatrok yang mengatakan “Mungutin puntung rokok yang bertebaran di bawah pohon dan membuangnya ke tempat sampah. Mereka ini tamu dari negeri tetangga, apa kita tidak malu ya?”.

Dalam foto tersebut memang terlihat ada dua suporter Jepang yang sedang memungut puntung rokok yang dibuang sembarangan di bawah pohon. Postingan tentunya telah dikomentari banyak oleh para netizen di dunia maya terutama di sosial media.

Memang berbicara dengan para perokok bagai berbicara kepada seorang diktator, walau salah mereka akan selalu memiliki sejuta alasan untuk membenarkan kebiasaan merokok tersebut. Namun ada baiknya jika mereka merokok di tempat yang telah disediakan dan membuang sampah bekas rokoknya ke tempat sampah yang pastinya telah disediakan. Kalau tidak ada tempat sampah di sekitar, silahkan dikantongi saja dulu sampai menemukan tempat sampah ya kan???