Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Suhu Dingin Akibat Cuaca Ekstrem, Ini Saran Dokter Agar Tetap Hangat

Suhu dingin memang belakangan ini semakin menjadi, bahkan di beberapa tempatnya suhunya sangat dingin dan menimbulkan embun es berupa kristal di puncak gunung dan bukit. Hal ini memang tidak nyaman setiap akan pergi ke luar rumah, apalagi jika bumi dalam radius terjauh dari matahari, sehingga bisa saja terjadi perubahan suhu yang cukup ekstrem.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan, jika tidak mengatur pola makan dan istirahat dengan baik. Maka Anda akan mengalami kelelahan parah dan berujung pada sakit, bahkan dalam masa perubahan suhu yang cukup ekstrem ini banyak orang terserang penyakit dari bakteri dan virus, karena penyebaran melalui udara.

Maka dari itu, sebelum sampai jatuh sakit. Ada baiknya Anda melakukan langkah pencegahan, karena mencegah lebih baik dari mengobati bukan. Lakukan beberapa hal berikut ini agar terjaga tubuh tetap hangat saat suhu dingin semakin menjadi, kabarnya ini akan terjadi hingga akhir Juli 2018 mendatang.

5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Hangat Pada Perubahan Suhu Dingin Ekstrem

  1. Selalu Membuat Tubuh Anda Hangat

    Sekarang saat keluar rumah di sore hingga malam hari, ada baiknya menggunakan pakaian tebal atau jaket tambahan. Karena bukan hanya suhu yang mengalami perubahan menjadi lebih rendah, namun ada angin yang bertiup cukup kencang. Selain itu, pastikan menggunakan penutup kepala, sarung tangan dan kaki.

    Bukan hanya pakaian, namun jaga pola makan dan minum yang sehat. Hindari makanan yang di goreng terlebih dahulu, jika bisa makan yang berkuah dan terdapat banyak sayur. Sehingga tubuh bisa menyesuaikan suhu dengan baik, ini akan membuat tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit sekalipun di sekitar Anda sedang sakit ringan, seperti batuk dan pilek.

    Baca juga : Mandi Air Dingin Setiap Hari Ternyata Banyak Manfaat Untuk Kecantikan

  2. Perbanyak Minum Air Putih

    Bukan hanya konsumsi makanan dan minuman hangat lebih banyak, namun Anda harus memperbanyak minum air putih, jika bisa dalam satu hari lebih dari 2 liter. Ini untuk mencegah tubuh mengalami kering dan dehidrasi, gejala ringan seperti tiba-tiba kedinginan dan tangan terasa lebih dingin, ini bisa diatasi dengan lebih banyak minum air putih.

    Selain itu, untuk sementara hindari minuman berkarbonasi seperti soda, minuman dengan kandungan cafein tinggi dan juga minuman dengan kadar alkohol tinggi. Ini akan membakar tubuh jika di konsumsi saat suhu dingin sekarang, selain itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan di saat nafsu makan menurun sehingga penyembuhan lebih panjang.

  3. Gunakan Lotion

    Tentu saja kulit menjadi pelindung utama dan mengalami paparan paling banyak, sehingga akan merasa dingin dan sangat kering. Maka dari itu, gunakan lotion dan oleskan secara menyeluruh saat terasa dingin. Ini akan membuat kelembapan kulit, sehingga tidak mudah pecah-pecah dan kering. Selain itu, menggunakan lotion, akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

  4. Oleskan Krim Khusus Hidung dan Bibir

    Anda harus melindungi wajah dari suhu dingin, ini memang menyenangkan dengan hawa lebih dingin namun membuat kulit menjadi lebih kering. Ada baiknya menggunakan petroleum jelly, gel yang lembut dan dapat melembabkan kulit, apalagi untuk kulit bibir dan hidung yang cenderung sensitif karena lebih tipis.

  5. Pastikan Konsumsi Makanan Sehat

    Jangan mengubah jam makan seenaknya, saat sudah istirahat gunakan dengan baik untuk berhenti sejenak, makan dan beribahan. Sehingga tidak akan menjadi jenuh saat bekerja, selain itu Anda berhatikan menu makan siang. Pastikan ada sayur dan buah, ini akan membuat sistem pertahanan tubuh semakin terjamin sehingga tidak gampang sakit.

Bukan hal sulit untuk menjaga diri tetap hangat dari suhu dingin yang akan terjadi hingga akhir bulan mendatang, Anda sebaiknya tidak banyak beraktivitas di luar ruangan di malam hari. Pastikan menggunakan pakaian tebal dan hindari mandi di malam hari, ini akan membuat Anda mengalami masuk angin nantinya.

Related Post

Sinar Biru Gadget Ternyata Bisa Memicu Terkena Kan... Sinar biru gadget tentu sudah tidak asing lagi, ini digunakan untuk menunjukkan adanya notifikasi pesan baru yang masuk. Apalagi jika aktif dalam sosi...
Buah Berair Paling Cocok Dijadikan Makanan Berbuka... Berbuka memang disarankan konsumsi buah, apalagi jika buah yang memiliki banyak air. Inilah yang dibutuhkan tubuh, karena seharian tanpa komsumsi ai...
Ibunya Menderita Gagal Ginjal, Lihat Apa yang Dila... Apa kewajiban kita sebagai anak kepada orangtua, tentunya menghormati mereka setiap saat. Lalu apa yang dilakukan orangtua saat kita sakit, tentu sa...
Bercinta Dalam Suhu Dingin Berisiko Anak Terlahir ... Bercinta dalam suhu dingin memang disukai hampir semua pasangan, pasalnya tidak akan merasa kepanasan saat harus melakukan kegiatan yang banyak mengur...

One Comment

Comments are closed.