Monday, February 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sinar Biru Gadget Ternyata Bisa Memicu Terkena Kanker

Sinar biru gadget tentu sudah tidak asing lagi, ini digunakan untuk menunjukkan adanya notifikasi pesan baru yang masuk. Apalagi jika aktif dalam sosial media, ini akan memberitahu Anda jika ada hal baru. Kini bahkan muncul kebiasaan baru, tidur di dekat gadget, hanya agar tidak terlewatkan hal penting atau ada orang yang menghubungi, padahal ini bukan kebiasaan baik.

Dimana para ahli sudah menyebutkan, kebiasaan meletakkan gadget terlalu dekat saat tidur akan memberikan pengaruh buruk, apalagi jika memainkan menjelang tidur. Ini bukan hanya mengganggu kesehatan namun juga kecantikan, akibatnya Anda akan mendapatkan garis hitam saat bangun di pagi hari.

Bukan itu saja, dilansir dari Worldofbuzz, jika Anda terlalu sering meletakkan gadget di sekitar saat tidur, inilah penyebab utama mengalami kesulitan tidur (insomnia). Pasalnya Anda akan merasa penasaran apa hal baru yang ada di sosial media atau percakapan grup, selain itu sinar biru gadget juga memberikan dampak negatif.

Bahkan penelitian akhir-akhir ini bahkan menemukan sesuatu yang cukup serius, terlalu banyak kontak dengan gadget di malam hari apalagi menjelang tidur bisa memicu risiko terkena kanker, meskipun Anda tidak punya riwayat penyakit kanker dalam keluarga. Tentu ini hal serius yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja, mengingat kanker belum ditemukan obatnya hingga sekarang.

Baca juga : iPhone Kini Jadi Patokan Status Sosial Kekayaan

Ada juga penelitian berdasarkan jurnal Enviromental Health Perpectives, jika seseorang banyak terpapar sinar biru gadget maka akan terkena kanker. Kanker prostat akan menghantui para laki-laki dan wanita akan lebih rentan terkena kanker payudara 150 persen dari orang lain, apalagi jika sudah memiliki riwayat keluarga dekat memiliki penyakit kanker.

Sudah ada penelitian dengan menggunakan partisipan hingga 4 ribu orang, dimana rentang usia mulai dari 20 hingga 85 tahun. Orang yang sering tidur di bawah cahaya terang atau sinar biru gadget, ternyata memiliki risiko kanker lebih tinggi. Sekalipun sudah diterapkan gaya hidup sehat dan tanpa adanya riwayat sebelumnya.

Dimana terlalu banyak penggunaan lampu biru sekarang ini, tujuannya memang tepat untuk menghemat energi, namun apa yang terjadi risiko terkena kanker semakin tinggi. Apalagi di jam biologis (jam tidur), risikonya akan semakin meningkat. Maka dari itu, harus dilakukan penelitian mendalam, baik dan buruknya menggunakan lampu biru.

Maka dari itu, diharapkan semuanya yang menggunakan gadget, gunakan secara bijak dan ambil lebih banyak manfaatnya. Jika bisa hindari sinar biru gadget saat malam hari, jangan gunakan smartphone terlalu dekat, ini akan menyebabkan gangguan kesehatan. Terutama kerusakan pada mata, karena cahaya terlalu terang, apalagi ditempat yang benar-benar gelap.

Related Post

Always Happy, Tanam 7 Bunga Ini Di Rumah Always happy, inilah yang menjadi mantera ajaib yang harus anda ucapkan setiap harinya. Tentu saja, setiap orang akan bosan dengan rutinitas yang sama...
Istana Game of Thrones Di Jual, Siapkan 9,5 Miliar... Istana game of thrones kini akan segera di jual, bahkan sudah di mulai pembukaan harga mencapai US$656 ribu atau setara dengan 9,5 miliar rupiah. Ista...
Mark Zuckerberg Katakan Hal Ini Terkait Pernyataan... Business Insider memberitakan, Zuckerberg dikabarkan kesal terhadap pernyataan Tim Cook yang mengkritik dirinya saat mengalami masalah Cambridge Ana...
Inilah Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2 Dan Max... Kabarnya ASUS saat ini sedang serius menggarap Zenfone Max Pro (M2) dan Max (M2). Adalah Roland Quandt yang telah terlebih dahulu mengungkapkan spes...