Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Siklus Haid Setelah Melahirkan Aneh, Jangan Panik Ini Hal Wajar

Siklus haid memang biasanya terjadi 25 hingga 35 hari, hal ini akan berulang kembali, namun bisa maju atau mundur dengan batas maksimal 10 hari. Namun ada yang janggal setelah melahirkan, dimana melewati masa nifas, ini biasanya berlangsung 6 minggu maksimal bisa mencapai 8 minggu. Tetapi, kenapa bisa kembali mengalami menstruasi apakah ini hal yang normal?.

Sudah jelas, wanita akan kembali mengalami siklus menstruasi seperti biasanya, namun ini tergantung dari kondisi ibu yang baru melahirkan. Mengalami persalinan normal dan operasi akan berbeda masa haidnya. Apalagi jika Anda sudah mulai langsung mengeluarkan ASI dan memberikan ASI eksklusif, bisa jadi haid akan tertunda.

Selain itu, haid juga dipengaruhi oleh hormon. Dimana saat menyusui, maka hormon akan bekerja lebih lambat. Sehingga menstruasi jadi tertunda, ini hal normal yang terjadi pada semua orang. Bahkan saat Anda dalam masa menyusui bayi, lepas dari ASI eksklusif, sering kali akan mengalami siklus haid berantakan dan tidak sama seperti dahulu.

Tenang dan jangan panik, ini hal pertama yang dikatakan oleh Dr Janfrional, untuk mengatasi masalah menstruasi yang berantak. Normalnya setelah mengalami masa persalinan, baru kembali akan haid pada 18 hingga 24 bulan, jadi jangan heran jika ada ibu yang tidak mengalami menstruasi, ini hal normal dan bisa terjadi, apalagi tengah menyusui.

Baca juga : Foreplay Favorit Wanita Akan Membuat Hubungan Intim Semakin Hangat

Namun kenapa kini bisa lebih cepat, hal ini dipengaruhi oleh produksi hormon. Terjadi peningkatan pada hormon prolaktin dan progesterone, ini yang membuat haid menjadi tidak sesuai siklus dan terkesan terjadi ketidak seimbangan, padahal ini normal saja terjadi. Selama masih menyusui memang ibu tidak mendapatkan menstruasi teratur.

Memang siklus haid normal mulai dari 24 hingga 35 hari, ini akan kembali seperti semula untuk ibu hamil dan menyusui, setelah pemberian ASI eksklusif selesai. Sehingga, jangan beranggapan jika sedang dalam masa menyusui dalam aman dari kehamilan, faktanya terjadi kehamilan yang mendadak atau banyak disebut sundulan saat bayi baru mendapatkan asi eksklusif, sehingga sebaiknya perhatikan hubungan intim dengan pasangan.

Dimana sudah ditemukan kasus, wanita menyusui yang hamil setelah melahirkan baru 6 pekan, ini tentu di luar perkiraan, sehingga memiliki anak yang seperti kembar. Maka dari itu, jika istri telah melahirkan dan dalam masa menyusui, sebaiknya pasangan yang menggunakan alat kontrasepsi, ini untuk mencegah kehamilan yang sangat dekat. Karena hal ini banyak tidak diketahui, dimana kehamilan baru terdeteksi setelah 3 bulan selanjutnya dengan gejala seperti sebelumnya.

Maka dari itu, Anda tidak perlu takut jika mendapatkan siklus haid tidak teratur setelah melahirkan, bahkan hanya bebepa minggu setelah masa nifas selesai. Hal yang patut diperhatikan adalah setelah kembali berhubungan intim, karena kemungkinan bisa hamil kembali meskipun baru melahirkan beberapa minggu lalu.

One Comment

Comments are closed.