Wednesday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Sidik Jari, Langkah Baru Google Amankan Login di Chrome

Sidik Jari, Langkah Baru Google Amankan Login di Chrome

Langkah pengamanan login dengan menggunakan user name dan password nampaknya sudah tidak lagi efektif, selain lebih lama untuk masuk dalam akun, ada kemungkinan terjadi peretasan. Maka dari itu, Google semakin meningkatkan pembaruan, selain memberikan keamanan lebih dan memudahkan Anda untuk masuk dengan memberikan fitur sidik jari.

Namun ini belum bisa diterapkan sepenuhnya, mengingat ada banyak sekali pengguna google dengan pemakaian gadget beragam. Sehingga membutuhkan penyimpanan data sebagai perangkat autentifikasi, tidak selalu harus menggunakan sidik jari, data biometrik lainnya seperti penindai wajah juga bisa digunakan, asalkan tersedia data tersebut di smartphone.

Hal ini dijelaskan oleh FIDO Alliance yang di kutip oleh Fortune, dimana mengatakan jika kredensial pengguna dengan memakai data biometrik, ini tidak akan di transfer dari perangkap user dan tidak akan disimpan di server. Jika memang mengalami kesulitan,
ada alternatif pengamanan lainnya yaitu dengan menggunakan USB khusus atau bisa jadi menggunakan fitur Bluetooth.

Baca juga: Prediksi 5 Tren Teknologi 2017 Yang Akan Mengubah Dunia

Google akan segera meluncurkan Chrome 67 beberapa pekan ke depan, namun masih belum jelas bagaimana menerapkan dan otentifikasi fitur tersebut tersebut. Apakah ini bisa langsung diterapkan oleh setiap pengguna, atau harus memakai gadget dengan fasilitas memadai.

Standart keamanan baru yang dibuat oleh FIDO Alliance dan w3C ini dinamakan WebAuthn, jika melihat penggunaan teknologi yang hampir serupa sebelumnya, ini pernah digunakan oleh Mozilla Firefox. Diharapkan, jika ini standar baru ini sudah diterapkan nantinya, akan mengurangi tingkat pembajakan dengan adanya pencurian user name dan password.

Anda tidak perlu khawatir, Chrome 67 versi baru dengan pengenalan sidik jari ini akan diluncurkan untuk desktop terlebih dahulu, hampir semua sistem operasi (OS) sudah bisa menggunakan, mulai dari Windows, Linux hingga Mac. Ini akan memberikan perlindungan lebih baik pada semua akun yang terhubung dengan google.

Sistem peningkatan keamanan ini memang diharapkan bisa mengurangi serangan malware, hal ini memang pernah terjadi pada Spectre. Chrome memiliki akses untuk meningkatkan isolasi antar tab dari perabaan yang sudah dilakukan sebelumnya, bahkan bisa membuka situs lain dari tab sebelumnya.

Hal ini tentu saja diharapkan bisa meningkatkan penggunaan, mulai dari akses keamanan hingga kenyamana. Bahkan diharapkan google bisa memberikan hampir semua yang dibutuhkan untuk pencarian informasi lebih cepat, aman dan tepat.