Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Setelah Makan Yang Bersantan, Jangan Lupa Konsumsi Ini

Setelah Makan Yang Bersantan, Jangan Lupa Konsumsi Ini

Sudah puas makan makanan bersantan? Ini saatnya kita mulai memperhatikan kesehatan. Santan mengandung kalori dan lemak tingkat tinggi. Keduanya itu bisa menimbulkan efek samping yang cukup buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari kumparanSAINS, santan kelapa mengandung lemak jenuh yang berlimpah, dan ini tentu yang sangat dikhawatirkan jika terlalu banyak memakannya. Lemak ini diyakini dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Satu cangkir santan mengandung 40 gram lemak. Dengan demikian maka santan mengandung lemak tinggi yang memang dapat menyebabkan kolesterol. Risiko masalah jantung dan stroke pun menghadang.

Oleh karenanya mari stabilkan kadar kolesterol dengan cara yang lebih menyenangkan. Yaitu dengan ngemil buah-buahan. Berikut kami rangkum 6 buah penurun kolesterol setelah puas makan yang bersantan :

  1. Alpukat

Alpukat memang merupakan salah satu sumber lemak alami yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Kandungan vitamin B kompleks, vitamin K dan juga mineral di dalamnya secara efektif memang dapat membasmi kolesterol jahat yang menumpuk. Dimana biasanya kolesterol jahat itu menumpuk dalam saluran darah dan juga pencernaan.

  1. Apel

Kandungan serat dan juga antioksidan di dalam apel cukup berguna untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh kita. Maka tak heran jika konsumsi apel secara teratur bisa menjadi detoks alami untuk menyehatkan jantung.

Jurnal dari University of Reading yang diterbitkan pada tahun 2015 mengungkap bahwa konsumsi apel secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit jantung akibat pola makan yang tidak sehat. Cocok jadi camilan penurun kolesterol, nih!

  1. Jambu biji

Jambu biji juga dapat meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium tubuh. Buah ini pun bisa mengatur tekanan darah pada pasien penderita hipertensi. Bukan itu saja, jambu biji juga dinilai ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) yang berkontribusi dalam peningkatan penyakit jantung. Makan jambu biji juga bisa memelihara kesehatan jantung.

  1. Jeruk

Penelitian juga menunjukkan kalau meminum jus jeruk bisa mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Seperti tekanan darah dan kolesterol tinggi. Sebagai contoh, sebuah penelitian pernah melibatkan 129 orang. Mereka pun diminta untuk mengkonsumsi es jeruk dalam jangka waktu yang lama. Hasilnya yaitu kadar kolesterol “jahat” atau LDL bisa menurun secara drastis.

Tak hanya itu, es jeruk juga terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Anggur

Superfood yang satu ini juga berkhasiat untuk mengatur tekanan darah dan kolesterol. Anggur juga mampu mengurangi inflamasi, memperbaiki aliran darah, serta melindungi sistem vaskular tubuh. Senyawa antioksidan buah anggur yang melimpah pun juga bisa mencegah tubuh dari penyakit kardiovaskular.

  1. Delima

Selain mengobati nyeri sendi, biji buah ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Delima mampu memproduksi kolesterol baik dan juga mengurangi risiko aterosklerosis atau radang pembuluh darah.